96 Peserta Berlaga di Ajang Kejurkab Bulutangkis

0
24
Kejurkab-Bulutangkis
BABAK PENYISIHAN : Para pemain bersemangat menghadapi lawan agar lolos dari babak penyisihan Kejurkab Bukutangkis di GOR IBC Klaten, Kamis (11/7).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 96 peserta ambil bagian dalam Kejuaraan Bulutangkis Kabupaten Klaten ke-I tahun 2019 yang berlangsung di GOR IBC di lantai III Plasa Klaten, 11-13 Juli 2019. Kejurkab kali ini, hanya mempertandingkan nomor tunggal bagi putra dan putri.

Kejurkab dibuka oleh Wakil Ketua KONI Klaten Suyanto, Kamis (11/7) pukul 09.00 WIB. Tampak hadir Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Klaten Harjanta dan para pengurus PBSI, wasit dan hakim pertandingan, serta orang tua atlet.

‘’Kejurkab ke-I tahun 2019 diikuti oleh 96 peserta dari 10 klub bulutangkis yang ada di Klaten. Kejuaraan ini diselenggarakan rutin diselenggarakan setahun dua kali di musim liburan sekolah, agar anak-anak bisa mengisi liburan dengan kegiatan yang positif,’’ kata Harjanto usai upacara pembukaan.

Dia menambahkan, total ada 8 kelas yang dipertandingkan yakni usia dini dasar putra, usia dini madya putra, usia dini madya putri, usia dini utama putra, anak putra, anak putri, pemula putra dan remaja putra.

Minim peserta perempuan

Salah satu panitia Sei Pertandingan, Y Suyanto mengatakan, pada Kejurkab kali ini jumlah peserta perempuan sangat minim. Dari 6 kelas, hanya dua kelas saja yang diikuti peserta putri yakni kelas anak putri dan usia dini madya putri.

‘’Dari total 96 peserta, jumlah peserta putri mendapai 79 anak, sedangkan jumlah peserta putri hanya 17 anak. Mereka hanya bertanding di dua kelas, yakni kelas usia dini madya diikuti 8 peserta dan kelas anak diikuti 9 atlet,’’ kata Suyanto.

Usai pembukaan panitia segera menggelar pertandingan babak penyisikan di tiga lapangan yang telah dipersiapkan. Total ada 32 pertandingan babak penyisihan yang akan diselenggarakan pada Kejurkab hari pertama.

Selanjutnya, pada pertandingan hari kedua Jumat (12/7), ada 32 pertandingan hingga babak delapa besar. Sedangkan pertandingan semifinal dan final akan diselenggarkan pada Sabtu(13/7) dengan total ada 24 pertandingan.

Wakil Ketua KONI Klaten Suyanto usai membuka acara mengatakan, kejurkab merupakan ajang untuk mencari bibit muda berbakat yang nantinya bisa dibina menjadi atlet profesional. Bulutangkis merupakan cabang yang cukup banyak peminatnya di Kabupaten Klaten.

‘’Saya harap, dari ajang ini akan muncul atlet-atlet muda yang berpotensi yang nantinya akan mengharumkan nama Klaten baik di ajang Proprov atau kejuaraan bertaraf nasional maupun internasional. Semoga pertandingan Kejurkab berjalan lancar dan sportif,’’ tegas dia.(Merawati Sunantri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here