LDII Jatipurno Gelar Kemah Cinta Alam Indonesia

0
127
ldii-jatipuro
TANDA PESERTA : Ketua PC LDII Jatipurno Suyoto mengalungkan tanda peserta saat acara Perkemahan Akhir Tahun Pelajaran Cinta Alam Indonesia oleh LDII Kecamatan Jatipurno, baru-baru ini. (SM/Khalid Yogi)

 

WONOGIRI-,suaramerdekasolo.com – Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (PC LDII) menggelar kegiatan Perkemahan Akhir Tahun Pelajaran (Permata) Cinta Alam Indonesia (CAI) ke-40 dan Bazar Remaja, 6-9 Juli 2019. Kegiatan yang diadakan di kompleks pondok pesantren Bairuha, Kecamatan Jatipurno itu untuk mengembangkan minat bakat generasi muda dan memperdalam ilmu keagamaan.
 
Panitia kegiatan, Tarmin mengungkapkan, kegiatan kemah diikuti sekitar 300 peserta anggota LDII yang mewakili masing-masing desa di Kecamatan Jatipurno. “Kalau ditambah dengan peserta Bazaar Remaja, jumlah pesertanya mencapai 500 orang,” katanya, Kamis (11/7).
 
Dalam kegiatan tersebut, peserta mendapatkan materi wawasan kebangsaan, kedisiplinan, kemandirian, dan keislaman. Selain itu diisi berbagai kegiatan pendukung, seperti penampilan seni bela diri asad dan bazar aneka olahan makanan tradisional.  
 
“Materi keislaman yang diberikan berupa ilmu keagaman fikih dan muamalah. Ilmu keagamaan diberikan sebagai benteng dari pengaruh kebudayaan barat atau budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai keislaman,” terangnya.
 
Adapun kegiatan Bazaar Remaja diisi dengan produk-produk makanan tradisional dan kearifan lokal masing-masing desa. Namun, pihaknya mengaku belum maksimal karena masih banyak produk yang bukan merupakan kearifan lokal dijual di arena tersebut.
 
Kegiatan Permata CAI sebelumnya dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Jatipurno Saidi, Minggu (7/7). Dia menyambut baik kegiatan tersebut karena merupakan momentum yang berharga bagi generasi muda untuk berkreasi, berinovasi dan hidup mandiri. Peserta juga belajar bekerja sama dan mematuhi aturan dalam hidup bersosial.
 
Ketua PC LDII Kecamatan Jatipurno mengatakan, Permata CAI dan Bazaar Remaja merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh LDII dalam rangka merujudkan rasa cinta terhadap alam Indonesia. Di samping itu juga merupakan sarana memupuk ukhuwah Islamiyah. “Kami ingin memupuk ukhuwah islamiyah, mempererat persaudaraan, mewujudkan kekompakan, kepedulian, berbudaya terhadap lingkungan dan kemandirian remaja,” katanya. 
 
Ketua panitia Sigit Pamungkas menekankan, Permata CAI dan Bazar Remaja yang diselenggarakan PC LDII Kecamatan Jatipurno tidak hanya berorientasi pada acara perkemahan dan perdagangan. Lebih dari itu, esensinya terletak pada nilai pendidikan dan cinta lingkungan alam, yaitu menjadikannya sebagai pengalaman belajar. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here