Permudah Terima Laporan Masyarakat, Polres Klaten Luncurkan Aplikasi TAS

0
13
Aplikasi-tas-polres-klaten
APLIKASI TAS : Kasat Lantas Polres Klaten AKP Bobby Anugrah Rachman melakukan ujicoba aplikasi TAS usai peluncuran di gedung RSPD Klaten, Rabu (10/7).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Polres Klaten meluncurkan aplikasi traffic accident services atau TAS di gedung Sunan Pandanaran, Klaten Tengah, Rabu (10/7). Aplikasi di handphone android itu dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam membuat laporan ke kantor polisi maupun rumah sakit terdekat.

Upaya melakukan inovasi dan terobosan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat itu tak hanya untuk itu saja, namun juga bisa digunakan untuk mengurus berbagai hal yang dibutuhkan Jasa Raharja untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas layanan pada korban kecelakaan.

Menurut Kasat Lantas Polres Klaten AKP Bobby Anugrah Rachman, layanan tersebut bisa digunakan untuk pengecekan asuransi karena informasinya terintegrasi antara pihak Satuan Lalu Lintas Polres Klaten, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Jasa Raharja dan rumah sakit.

‘’Aplikasi TAS untuk memberi kemudahan pelayanan bila terjadi kecelakaan lalu lintas, dengan satu aplikasi bila mengurus berbagai hal sehingga memudahkan masyarakat,’’ kata Kasat Lantas kepada wartawan usai peluncuran aplikasi TAS di gedung yang berada di komplek RSPD Klaten itu.

Sebelumnya, penanganan kecelakaan lalu lintas masih dilakukan dengan pola konvensional, sehingga keluarga korban harus mengurus segala sesuatunya ke beberapa tempat. Dengan hadirnya aplikasi TAS, keluarga korban akan mendapatkan kemudahan dalam mengurus asuransi atau santunan.

Proses pelaporannya sangat mudah, bila terjadi kecelakaan cukup mengunggahnya melalui aplikasi TAS. Begitu mengetahui ada kejadian, anggota Satlantas Polres Klaten unit Laka Lantas akan segera mendatangi lokasi kejadian atau rumah sakit tempat korban dirawat.

‘’Setelah meminta keterangan dari korban, saksi atau pihak terkait, maka kami akan membuat laporan polisi yang diunggah di aplikasi TAS. Dengan demikian, kejadian itu akan langsung bisa dimonitor oleh pihak Jasa Raharja dan lainnya,’’ jelas Bobby.

Selanjutnya, Jasa Raharja akan lebih cepat dalam akan menerbitkan surat nomer santunan yang diterukan kepada pihak rumah sakit tempat korban dirawa melalui aplikasi. Kecepatan dan keakuratan informasi dari pihak berwenang, akan membuat RS segera melakukan penanganan tanpa ragu.

‘’Aplikasi TAS bisa diunduh seluruh warga Klaten dari playstrore secara gratis. Pengunduh akan mendapatkan PIN yang dikirimkan melalui nomor handphone yang didaftarkan. Begitu dibuka, ada menu aduan masyarakat dan pengecekan status laporan asuransi dari korban kecelakaan,’’ tegas dia.

Dengan adanya aplikasi tersebut, penanganan kecelakaan menjadi lebih transparan dan bisa dimonitor langsung oleh masyarakat dan keluarga korban. Warga juga bisa mengetahui sejauh mana penanganan kasus laka lantas, apakah sudah ditangani atau kan sudah cukup lengkap atau P21.

‘’Aplikasi memang dibuat dengan tujuan meningkatkan layanan kepada masyarakat, dapat diakses seluruh masyarakat dan bisa diunduh secara gratis. Masyarakat juga memudahkan saat akan membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Setelah mendaftar tinggal menunggu untuk mengambil SKCK,’’ tegas Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi.

Halaman: 1 | 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here