Langkah Berani Terminal Tirtonadi Solo

0
46
tirtonadi-fight-2019-2
RING TINJU : Petugas melintasi sekitar areal parkir Terminal Tirtonadi yang akan dibangun ring tinju menyambut Tirtonadi Fight 2019. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

*Gelar Tirtonadi Fight 2019

SOLO,suaramerdekasolo.com – Terminal Tirtonadi Solo merupakan salah satu fasilitas umum (fasum) terbesar dan teramai di Kota Solo. Saban hari ribuan orang dan ratusan bus hilir mudik di terminal itu.
Aktivitas orang dan kendaraan umum selama 24 jam non-setop ini membutuhkan manajemen yang tangguh dan kuat baik dari sisi sumber daya manusia dan pirantinya.
Jikalau terminal bertipe A ini hendak menyelenggarakan kompetisi olahraga tingkat regional seperti Tirtonadi Fight 2019 akhir pekan ini, tentunya persiapanya matang sekali. Dengan menggelar duel atlet tinju dari berbagai daerah dengan tempat di areal parkir terminal ini merupakan langkah berani karena pertandingan tinju pastinya melibatkan pihak dan mendatangkan orang dalam jumlah besar.

“Biasanyakan pertandingan tiju digelar di lapangan, stadion atau ruang tertutup yang luas. Lha ini tinjunya digelar di areal parkir terminal lantai atas. Menurut saya ini ide yang berani,”ucapnya.

Semula wakil rakyat dari PDI Perjuangan YF Sukasno sempat tidak percaya, pengelola terminal kebanggan Wong Solo ini benar-benar menggelar pertandingan tinju tingkat provinsi.

Guna menjawab pertanyaan yang berkecamuk itu Ketua Komisi II DPRD Surakarta ini pun mengecek dari dekat persiapan event perdana di terminal yang kini di bawah komandi Dirjenhubdar Kementerian Perhubungan.

kejurprov-tinju-tirtonadi
KEJURPROV: Personel panpel Kejurprov Terbuka Tinju Amatir Jateng dan jajaran pengelola Terminal Tirtonadi Solo berpose bersama usai memberi keterangan pers di terminal setempat. (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

Ia pun menyaksikan sejumlah persiapan-persiapan panitia dan pengelola terminal dalam menyambut kompetisi tinju ini.

“Ya memang benar, terminal, khususnya di lantai atas (lantai dua-red) sudah dipasang tenda untuk menggelar tinju itu. Saya bisa membayangkan kesiapan-kesiapan yang harus dilakukan pengelola terminal untuk menyukseskan event besar tersebut,” ucapnya saat dijumpai suaramerdekasolo.com di ruanganya, Jumat (12/7).


Ajang promosi

Sukasno yang juga penggemar tinju ini berharap, Tirtonadi Fight 2019 dimanfaatkan masyarakat luas untuk melihat atlet-atlet tinju berbakat. Dari ajang itu diharapkan muncul-muncul petinju baru.
Bagi pengelola terminal, ajang itu bisa dipakai untuk mempromosikan keberadaan terminal, fasilitas yang tersedia, dan tentunya mengajak masyarakat ke terminal atau memakai transportasi massal.
“Dua target itu semestinya bisa diraih bila melihat dari persiapan panita pelaksana dan sang tuan rumah yakni jajaran Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta. Semoga terminal makin dicintai, masyarakat mulai gemar naik angkutan umum masaal, sambil mencari bibit-bibit baru.
Sementara itu, Korlap Perawatan dan Kebersihan Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Kondang Sri Lanang menjelaskan, panitia pelaksana dan pengelola terminal sudah mematangkaan koordinasi dalam penyelenggaraan turnamen tinju yang dibakal digelar beberapa hari ini. Salah satu fokusnya adalah penyelenggaraan pertandingan dan pengaturan atlet-ofisial, tamu undangan dan penonton. “Iya Jumat ini (kemarin-red) sudah pelaksanaan penyelenggaraan. Semoga berjalan lancar dan masyarakat bisa datang ke sini,” katanya.
Dikatakan, laga turnamen tinju dan areal parkir diatur di lantai atas terminal tanpa mengganggu sirkulasi bus dan penumpang di bawahnya. (Budi Santoso)

Halaman: 1 | 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here