Pita Kejut, Redam Kecepatan Kendaraan

0
17
pita-kejut-overpass-manahan-solo
TAMBAHAN RAMBU : Jalur di sepanjang jalan menuju overpass Manahan Solo membutuhkan rambu tambahan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pada pengguna jalan.(suaramerdekasolo.com/Yusuf Gunawan)

*Dampak Laka Maut Overpass Manahan

SOLO,suaramerdekasolo.com – Jalur di tiga ruas menuju jalan layang (overpass) Manahan Solo selekasnya dipasang rambu-rambu tambahan. Di antara rambu yang mendesak dipasang adalah pita kejut, batas kecepatan kendaraan, dan tambahan lampu kedip (flash).
Sekretaris Komisi III DPRD Surakarta Sugeng Riyanto, Pemkot Surakarta dalam hal ini Dinas Perhubungan sudah harus memasang rambu-rambu tersebut.

Pihakny mendesak pemasangan rambu-rambu tambahan itu dipercepat.
“Kalau bisa pemasangananya dipercepat mengingat volume lalu lintas menuju jalan layang di Manahan itu semakin padat. Seperti pita kejut, rambu ini sangat penting untuk mengurangi kecepatan kendaraan yang hendak melintasi oberpass,” terang Sugeng di ruanganya, Jumat (12/7).
Pemasangan rambu-rambu itu kata Sugeng juga sebagai respons atas kejadian kecelakaan maut yang menyebabkan satu korban meninggal dunia. Kasus tabrak lari di simpang tingga jalur layang yang melibatkan sedan dan sepeda motor ini sedang ditangani Polresta Surakarta.
“Semoga kejadian serupa tak terulang, sehingga tidak ada korban luka atau meninggal sia-sia di jalan,” imbuhnya.
Wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mengimbau polekmik tentang bangunan jalan layang ini disudahi. Semua pihak sekarang harus saling mengingatkan agar mengikuti rambu-rambu lalu lintas saat berkendara terutama saat melintasi jalur yang rawan kecelakaan.
“Seperti di jalan layang Manahan itu, jalur yang sudah ada ini harus dipersiapkan dan diantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan lagi,” katanya.

Disempurnakan

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD YF Sukasno menambahkan Pemkot Surakarta sudah dibekali sejumlah anggaran yang nilainya di atas Rp 1 miliar dari APBD Perubahan 2019 untuk menyempurnakan penataan overpass Manahan. “Salah satu pekerjaan yang harus diselesaiakan adalah penataan overpass termasuk rekayasa lalu lintasnya,’ kata Sukasno.
Pada bagian lain Kabid Lalu Lintas Dishub Surakarta Ari Wibowo mengimbau masyarakat mentaati peraturan lalu lintas dengan mengikuti petunjuk rambuyang dipasangan di jalan layang Manahan.
“Di sana sudah terpasang berbagai rambu lalu lintas mulai batas kecepatan, jalur-jalur yang dilalu (marka dobel), dan lampu pengaman. Saya berharap rambu lalu lintas yang sudah dipasang ini ditaati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here