Satu Hektare Hutan Terbakar Si Jago Merah

0
41
kebakaran-hutan-selogiri-wonogiri
iNews.id

WONOGIRI,suaramerdekasolo.comKebakaran hutan terjadi pada Petak 10-2 di Dusun Traman RT3 RW11 Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Kamis (11/7). Kebakaran tersebut menghanguskan semak-semak belukar dan dedaunan kering seluas satu hektare di lahan milik Perhutani.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengungkapkan, api mulai menyala diperkirakan sejak pukul 09.00. Mengetahui hal itu, personel dari BPBD Wonogiri dibantu relawan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), Senkom Mitra Polri, PMI, Radio Antarpenduduk Indonesia (Rapi), perangkat desa, dan warga sekitar segera datang ke lokasi untuk memadamkan api.

“Upaya pemadaman telah dilakukan sejak pukul 13.30 karena titik api tidak terlihat saat siang hari. Hanya kepulan asap putih yang terlihat,” katanya.

Mereka berhasil memadamkan titik-titik api yang menyala sekitar pukul 15.30. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran tersebut. “Kebakaran diperkirakan menghanguskan hutan negara hampir sekitar satu hektare. Taksiran kerugian masih dalam proses penghitungan petugas Perhutani,” imbuhnya.

Sementara itu, jumlah bencana alam selama bulan Juni lalu mencapai empat kejadian. Tiga kejadian di antaranya adalah musibah kebakaran. Adapun satu kejadian lainnya berupa angin topan.

Bencana alam di bulan Juni lalu tersebut membuat dua rumah rusak berat dan dua rumah rusak ringan. Hanya satu orang yang mengalami luka ringan. “Jumlah kerugian akibat bencana alam selama bulan Juni ditaksir sekitar Rp 156 juta,” katanya. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here