Cah Solo Juara Dunia Panjat Tebing di Prancis

0
32
Panjat-Tebing-Prancis1

*IFSC Climbing World Cup Chamonix 2019

SOLO,suaramerdekasolo.comAtlet pelatnas panjat tebing Alfian Muhammad Fajri merebut gelar juara dunia speed world record putra di Prancis, Sabtu (12/7) dini hari. Cah Solo itu mengibarkan Merah-Putih di arena IFSC Climbing World Cup Chamonix 2019 setelah menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 5,764 detik.

Medali emas digenggam Alfian karena rivalnya di fase pamungkas, Zhong Qixin dari Tiongkok menorehkan waktu 6,382 detik. Sedangkan peringkat ketiga ditempati Vladislav Deulin (Rusia).

‘’Syukur alhamdulillah (menjadi juara-red). Persaingan di speed luar biasa ketat,’’ kata Alfian melalui pesan media telpon selulernya.

Atlet yang lahir dari papan panjat Manahan Solo itu mengungkapkan, perburuan tiket menuju Olimpiade Tokyo 2020 masih panjang. Pada Agustus mendatang ada skedul kejuaraan dunia dan kualifikasi pertama olimpiade di Jepang. ‘’Namun saya belum tahu, berikutnya saya akan diturunkan untuk event yang mana,’’ ujar pemanjat kelahiran 18 Januari 1997 itu.

Bukti Keyakinan

Selain ketatnya persaingan di nomor speed, dia juga harus berjuang mengasah kemampuan di papan lead dan boulder. Sebab pada olimpiade mendatang, panjat tebing hanya menggelar combined, yakni seorang pemanjat mengemas nilai tertinggi dari disiplin speed, lead dan boulder untuk merebut gelar juara.

Panjat-Tebing-Prancis2

‘’Tetapi saya tetap yakin dan optimistis bisa lolos menuju Olimpiade Tokyo,’’ tandas Alfian.

Pada laman Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Alfian menyebut kunci kemenangannya adalah ketenangan, fokus dan mampu menguasai diri. ‘’Saya merasa semakin tenang dalam menghadapi tekanan,’’ tutur dia.

Prestasi itu merupakan gelar juara dunia kali kedua di nomor speed dalam kompetisi internasional tahun ini. Sebelumnya, pemanjat yang lahir dari papan panjat Manahan Solo tersebut meraih juara dunia di Chongqing, Tiongkok, pada 26 April silam.

Halaman: 1 | 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here