Kaum Difabel Rekam E-KTP pada TMMD Reguler Ke-105 Klaten

0
13
tmmd-klaten2

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Semi (62) warga Dukuh Kradenan RT 02 RW 01 Desa Jimbung dan seorang penderita disabilitas menyambut gembira adanya pelayanan pembuatan KTP elektronik di Balaidesa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Klaten. program yang dilakukan dalam kegiatan TMMD reguler ke105 itu sangat membantu masyarakat.

”Kula seneng pak, wonten pelayanan Capil di balaidesa. Kula mboten perlu tebih-tebih dhateng kuto umpami badhe ngurus KTP lan KK (Saya senang pak, ada pelayanan Dispendukcapil di balaidesa. Saya tidak jauh-jauh ke kota kalau akan mengurus KTP dan KK),” kata Semi di sela-sela rekam data e-KTP.

TMMD Reguler ke-105 mengagendakan banyak kegiatan untuk membantu masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah memudahkan masyarakat khususnya warga Desa Jimbung dalam membuat dokumen administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan KTP.

Kapten Czi Rusmani selaku Danramil 01 Kota menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan pembuatan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan KTP ini terealisasi dengan mengandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten.

”Hal ini sejalan dengan program TMMD Reguler ke-105 yang sedang berlangsung. Dengan adanya kegiatan jemput bola ini diharapkan masyarakat bisa terlayani dengan mudah karena tidak perlu ke kantor kecamatan,” kata Rusmani di lokasi TMMD Reguler di Desa Jimbungm Kecamatan Kalikotes, Klaten.

Danramil mengingatkan kepada warga bahwa dokumen administrasi kependudukan merupakan kebutuhan pribadi yang sangat penting. Misalnya KTP yang diginakan untuk mengurus berbagaii hal termasuk, jaminan kesehatan.

”Jangan anggap KTP, KK dan akte kelahiran itu tidak penting karena selain membantu program pemerintah dalam pendataan, juga bermanfaat bagi kita untuk kelengkapan administrasi dalam mengurus segala sesuatu dalam kehidupan kita,” tegas Rusmani.

Penjelasan Danramil tersebut sangat beralasan mengingat beberapa warga menganggap bahwa dokumen pribadi tersebut tidak penting, karena kehidupan mereka hanya sebagai petani. Dalam melaksanakan pembuatan dokumen seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan KTP, sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi kepada warga.

Widya Sutrisna Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten menyampaikan bahwa dalam melayani pembuatan dokumen seperti KK, KTP dan Akte Kelahiran dibutuhkan kesabaran. Berbagai karakter dan kepribadian serta sikap masyarakat, harus tetap dilayani dengan senyum. Masyarakat puas sebagai pertanda pelayanan kita sudah semakin baik. (Merawati Sunantri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here