Besuk Ada Kirab HUT Kabupaten Sukoharjo

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Besuk, tepatnya Senin (15/7) Kabupaten Sukoharjo genap berusia 73 tahun. Sejumlah acara telah disiapkan dalam rangka memeringati Hari Jadi Kabupaten yang ke 73 itu. Salah satunya adalah Kirab Petikan PP Nomor 16/SD/1945 dan kirab Budaya.
Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Sukoharjo, Ari Haryanto mengatakan, HUT ke-73 Kabupaten Sukoharjo ini mengambil tema Persatuan dan Kesaktian Demokrasi Kita Perkokoh Persatuan dan Kesatuan untuk Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Demokrasi dengan Menjaga Keberlangsungan Pembangunan.
“Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo ke-73. Di antaranya gerakan kebersihan kota, ziarah dan tabur bunga ke taman makam pahlawan serta tirakatan. Puncaknya, akan dilaksanakan kirab dengan melibatkan seluruh ASN,” kata Ari.
Kirab akan dilaksanakan setelah apel siaga ASN di halaman Setda Kabupaten Sukoharjo sekitar pukul 07.00 wib. Dimana dalam kesempatan itu seluruh ASN akan berpakaian kejawen jangkep. Dalam apel tersebut sekaligus upacara penyampaian petikan PP Nomor 16/SD/1945 pada Sekda Sukoharjo.
Selanjutnya, Sekda akan membawa petikan PP tersebut diiringi ASN yang mengenakan busana jawa menuju rumah dinas Bupati Sukoharjo. Di sana, petikan PP akan diserahkan pada Bupati.
Setelah kirab, lanjut Ari, rombongan dipimpin Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya akan mengikuti rapat Paripurna Istimewa di DPRD Kabupaten Sukoharjo. Dalam rapat istimewa ini seluruh pimpinan dewan dan angggota juga mengenakan pakaian adat jawa. Bahasa yang digunakan juga menggunakan bahasa jawa. “Setelah rangkaian siang hari selesai, malamnya dilaksanakan resepsi perayaan Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo di Pendapa Graha Satya Praja (GSP).” (heru susilo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here