Jelang Idul Adha Harga Kambing Di Solo Mulai Merangkak Naik

0
69
harga-kambing
Harga naik: Sejumlah pedagang kambjng beraktifitas di pasar hewan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Sabtu (13/7). Menjelang Idul Adha harga kambing mulai mengalami kenaikan. (suaramerdekasolo.com/Ari Purnomo Apl)
SOLO,suaramerdekasolo.com –  Menjelang Hari Raya Idul Adha harga hewan kurban di Kota Solo sudah mengalami kenaikan. Kenaikan harga terjadi mencapai Rp 200 ribu per ekor. Hewan kurban yang mengalami kenaikan harga salah satunya adalah jenis kambing.
 
Di Pasar Hewan Semanggi, Pasar Kliwon harga seekor kambing yang sebelumnya Rp 1,5 juta naik menjadi Rp 1,7 juta. Menurut pedagang, kenaikan harga sudah terjadi sejak awal bulan Juli lalu. 
 
Kenaikan harga diperkirakan akan terus terjadi mendekati Idul Adha mendatang yang jatuh pada 11 Agustus mendatang. Salah seorang pedagang kambing di Pasar Hewan Semanggi, Romli (27) mengungkapkan, kenaikan harga kambing menjelang Idul Adha menjadi hal yang wajar. 
 
“Kenaikan memjelang Idul Adha adalah hal yang wajar, setiap tahunnya juga mengalami kenaikan. Kenaikan ini akan berlangsung sampai mendekati perayaan Idul Adha mendatang. Untuk saat ini kenaikan mencapai Rp 200 per ekornya, ” kata Romli, Minggu (14/7). 
 
Romli menambahkan, kenaikan harga akan mencapai puncaknya pada dua pekan sebelum Idul Adha. Setelahnya, harga akan kembali turun dan stabil. “Biasanya dua minggu sebelum Idul Adha akan terjadi puncak kenaikan harga. Setelah itu bisa turun lagi harganya dan stabil,” paparnya. 
 
Pedagang lainnya, Anfarudin (20) mengatakan, kenaikan harga salah satunya karena banyaknya permintaan. Selaib itu juga karena minimnya pasokan. Dirinya oun harus mendatangkan pasokan kambin dari luar daerah.
 
“Kambing yang saya jual didatangkan dari wilayah Jawa Timuran. Seperti Ngawi, Ponorogo, Pacintan dan lainnya. Kalau untuk wilayah Solo tidak ada pasokannya,” terangnya. 
 
Anfarudin, memperkirakan, kenaikan harga kambing bisa mencapai Rp 500 ribu per ekor. “Kalau kenaikan ini akan terus terjadi sampai puncaknya nanti. Bisa sampai Rp 400-Rp 500 per ekornya,” pungkasnya. (Ari Purnomo Apl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here