Pesilat Tapak Suci Berbagai Negara Bakal Duel Rebutkan Piala M Barrie Irsyad

kejuaraan-silat-tapak-sucii
PENJELASAN: Ketua Panitia Kejuaraan Internasional Tapak Suci I/2019 Wiwoho Aji Santoso, Rektor UMS Sofyan Anif dan Ketua Umum PP Tapak Suci Putra Muhammadiyah M Afnan Hadikusumo (dari kiri ke kanan) memberi penjelasan kepada pers di kampus UMS, Selasa (16/7).(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Perebutkan Piala M Barrie Irsyad

SOLO,suaramerdekasolo.com – Ratusan pesilat tapak suci dari berbagai negara bakal duel di GOR Sritex Arena Solo pada 1-5 September mendatang. Mereka akan bertarung memperebutkan Piala Bergilir M Barrie Irsyad pada Kejuaraan Internasional Tapak Suci I/2019.

‘’Estimasi kami, 400 pesilat dari sekitar 10 negara akan bertarung. Mereka bersaing pada 18 nomor tanding dan 16 nomor seni pada ajang dunia yang kali pertama digelar ini,’’ kata ketua panitia, Wiwoho Aji Santosa dalam keterangan pers di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Selasa (16/7).

Dia menyebutkan, kendati berlabel kejuaraan dunia namun khusus Indonesia, pesertanya berasal dari wilayah-wilayah di Tanah Air. Saat ini, berbagai wilayah termasuk Jateng telah menyiapkan tim untuk menghadapi pertarungan tersebut.

‘’Tim dari negara lain yang menyatakan hadir antara lain Belanda, Prancis, Jerman, Brunei Darussalam, Malaysia, Timor Leste, Taiwan, Mesir, Aljazair dan Libanon,’’ tutur pria yang juga Ketua Tapak Suci Putera Muhammadiyah Jateng tersebut.

70 Persen

Rektor UMS Dr Sofyan Anif mengungkapkan, ajang tersebut digelar sebagai rangkaian awal kegiatan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah. Muktamar rencananya diselenggarakan di kampus UMS pada 2020.

‘’Kami berharap kejuaraan nanti berlangsung sukses sehingga turut menggaungkan Muhammadiyah agar mendunia,’’ kata rektor.

Ajang internasional tersebut memperebutkan Piala Bergilir M Barrie Irsyad. Menurut Ketua Umum PP Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Muhammad Afnan Hadikusumo, piala itu merupakan bentuk penghormatan bagi Barrie yang berjasa dalam pengembangan jurus-jurus di perguruan tersebut.

‘’Persiapan kejuaraan sudah mencapai 70 persen. Atlet pelatnas dari tapak suci, Iqbal Chandra Pratama, Nadia Haq Umami dan Bimo Aryo diharapkan bisa tampil maksimal, sekaligus menjadikan event nanti sebagai ajang pemanasan sebelum SEA Games Filipina 2019,’’ tambah penanggung jawab kejuaraan, Rony Syaifullah.(Setyo Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here