Baznas Karanganya Bakal Dirikan Rumah Khusus Mualaf

0
30
baznas-karanganyar-zakat

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.comBaznas Karanganyar akan meresmikan Rumah Mualaf Karanganyar, untuk pembinaan para mualaf yang jumlahnya didata ada 120 orang di Lereng Lawu.  Rumah Mualaf akan menjadi wahana mengajari mualaf tata cara ibadah sehari-hari, agar mereka makin mantab beribadah.

‘’Kalau di Baznas Jateng ada Mualaf Center, maka di Karanganyar kita bentuk Rumah Mualaf. Selain untuk melayani mereka yang akan masuk Islam, memang lebih penting lagi agar mereka semakin mantab jika sudah bisa beribadah dengan baik,’’ kata Wakil Ketua Baznas Abdul Muid, Jumat.

Ada dana untuk mualaf yang termasuk dalam asnab dalam Alquran, dan itu akan lebih baik jika dana tersebut tidak diserahkan dalam bentuk uang, sehingga dibuat sarana pendidikan bagi mualaf. Minimal empat rukun Islam mereka sudah sangat mantab, mulai dari syahadat, shalat, puasa dan zakat.

Kalau haji itu ibadah khusus bagi yang mampu, meski untuk itu dibutuhkan niat yang kuat, karena banyak orang kaya tidak merasa terpanggil, banyak orang memiliki kesempatan juga tidak terpanggil karena butuh niat, dan itu bersifat pribadi.

Karena itu para mualaf itu  mereka harus terus didampingi, dan tidak dibiarkan berjalan mencari jati diri sendirian. Mereka harus terus diarahkan agar mantab. Setelah semuanya sudah baik, baru mereka dilepas untuk mandiri. Tinggal ibadah haji, yang memang dilaksanakan kalau punya kemampuan.

Muid mengatakan, pendampingan ini sangat perlu karena mereka biasanya ditinggal sendirian oleh komunitasnya yang lama atau bahkan dimusuhi. Sehingga jika tidak ditemani mereka bisa-bisa kembali ke komunitasnya.

Kemaslahatan negeri 

Baznas yang diamanati dana yang juga untuk mereka para mualaf sudah selayaknya terpanggil sehingga terpikirlah untuk mendirikan Rumah Mualaf tersebut, untuk mendampingi sampai  bisa berdiri tegak.

Selain mendirikan Rumah Mualaf, Baznas juga akan mengadakan doa bersama pada 9 Dzulhijah, pada saat haji sedang wukuf di Arafah. Kalau wukuf menjadi inti haji, dan di sana dianjurkan untuk banyak berdoa, maka yang di Indonesia, khususnya di Karanganyar juga berdoa bersama untuk kemaslahatan negeri ini di masa depan.

‘’Sekarang sedang semangat-semangatnya rekonsiliasi setelah pertemuan antara Prabowo dengan Jokowi, karena itu yang bisa kita lakukan adalah berdoa semoga rekonsiliasi itu mendapatkan berkah dari Yang Maha Kuasa.(joko dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here