Loqman Ganti Konsentrasi Ke POM Jateng, Incar Emas Lead dan Speed

0
65
Pemanjat-Solo2
SAH KEMAMPUAN: Pemanjat Solo Loqman Perdana mengasah kemampuan menaklukkan lead di Solo Sport Climbing Center kompleks Stadion Manahan, pekan lalu.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

SOLO,suaramerdekasolo.comPemanjat Solo Loqman Perdana Sri Isyono mengalihkan konsentrasinya, usai meraih medali perak pada Kejurprov Kelompok Umur Panjat Tebing di Purwokerto, akhir pekan lalu. Atlet remaja itu kini ganti fokus membela tim Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) ke Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Provinsi Jateng 2019.

Ajang adu tanggung pemanjat mahasiswa se-Provinsi Jateng tersebut rencananya diselenggarakan di Solo Sport Climbing Center kompleks Stadion Manahan, 29-30 Juli nanti. ‘’Sisa waktu tinggal sekitar sepekan lagi, maka saya bersiap sebaik mungkin untuk memburu hasil terbaik, kalau bisa medali emas, pada POM Jateng nanti,’’ kata Loqman di sela-sela latihan di Manahan, Jumat (18/7).
Loqman bersaing ke tingkat provinsi, setelah meraih medali emas nomor speed dan perak lead putra pada POM Rayon 2 Surakarta, April lalu. Pada dua nomor itu pula dia akan bertarung di level Jateng. Juara pertama dan kedua panjat tebing pada rayon tersebut mendapat tiket untuk melaju dalam kompetisi di tingkat provinsi. 

Aman Pemanasan
Selain Loqman, terdapat dua pemanjat putra lainnya yang mewakili Rayon 2, yakni Ade Chandra (UNS) yang merebut medali emas lead dan boulder, serta Aman Syahril (Institut Seni Indonesia/ISI Surakarta) sebagai peraih perak speed dan boulder. Sebelumnya, Aman berencana turun pada kejuaraan boulder Metala di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), akhir pekan ini.
‘’Kompetisi boulder di Metala sekaligus saya jadikan ajang pemanasan guna menghadapi POM Jateng,’’ tutur Aman. 
Sementara itu di bagian putri tim Rayon 2, lebih didominasi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Nurul Khasanah menjadi andalannya, namun dia harus menghadapi persaingan berat terutama menghadapi atlet-atlet dari Rayon 1 Semarang dan Rayon 3 Banyumas yang kini menghuni pelatda Pra-PON Jateng.
Guna menghadapi POM Jateng, sejumlah pemanjat putra kini berlatih intensif di papan panjat Manahan. Mereka sering berlatih bersama atlet-atlet pemula Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Surakarta yang juga melakukan persiapan untuk menghadapi Kejurda Pelajar tingkat SMP dan SMA Jateng, September mendatang.(Setyo Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here