Wakil Rakyat Solo Diminta Sumbangan Orang Asing, Mengaku Jurnalis

nama-wartawan-suara-merdeka-dicatut
FOTO ILUSTRASI

SOLO,suaramerdekasolo.comKalangan dewan Kota Solo dihebohkan oleh pesan singkat dari sesorang yang meminta dikirim sejumlah duit ke rekening bank. Pesan dari orang yang mengaku jurnalis yang bertugas di Kota Solo ini diterima oleh beberapa wakil rakyat mulai dari pimpinan dewan sampai anggota.
Mereka antara lain, pimpinan dewan (pimwan) Djaswadi, Sekretaris Komisi IV Asih Sunjoto Putro, Ketua Komisi II YF Sukasno, dan pengurus Fraksi PAN Sapari dan banyak lagi.
Asih Sunjoto Putro yang ditemui di ruanganya, Jumat (19/7) mengungkapkan, percobaan penipuan itu diketahui pada Kamis (18/7). Saat itu dia dihubungi sesorang bernama Didik dan mengaku sebagai wartawan media cetak di Solo.
“Si Didik ini meminta sejumlah uang kepada saya. Katanya uang itu akan dipakai untuk pengobatan,” kata Asih, Jumat (20/7).
Wakil rakyat dari PKS ini tentu saja tidak memercayai begitu saja karena wartawan yang tugas di Solo atau DPRD tak pernah melakukan itu. Setelah dia melakukan kroscek ke media bersangkutan dan tidak ada daftar bernama Didik ini, maka Asih memutuskan tidak menghiraukan permintaan uang itu.
“Saya tolak permintaan itu dengan mengalihkan pembicaraan, hingga dia tidak hubungi lagi,” katanya.

Catut nama

Sementara itu YF Sukasno mengaku juga diminta sejumlah duit. Politisi senior PDI Perjuangan ini pun yakin, bahwa pihak yang meminta dana itu adalah wartawan abal-abal.
“Saya malah undang dia ke gedung dewan. Sekalian saya bantu carikan sumbangan kepada wakil rakyat lainnya. Eh, tiba-tiba dia sudah tidak menghubungi lagi,” imbuhnya.
Adapun Djaswadi mengakui mengalami hal yang sama. Pimwan dari Golkar ini tak menghiraukan karena memiliki banyak urusan.
“Saya biarkan saja,” katanya.
Seperti diketahui, kejadian pihak-pihak yang mengaku wartawan dengan meminta sejumlah uang kepada wakil rakyat dan birokat tidak saja terjadi di Solo saja. Beberapa waktu lalu di Karanganyar, Wonogiri dan Klaten salah satu wartawan Suara Merdeka juga dicatut namanya untuk mencari sejumlah uang. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here