Pilkada 2020, Partai Politik Klaten Mulai Siapkan Jago

pilkada-klaten-2020
FOTO ILUSTRASI

KLATEN,suaramerdekasolo.comPartai-partai politik di Kabupaten Klaten mulai menyiapkan jago menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020. Meskipun keterwakilan mereka di DPRD tidak mayoritas tetapi stok kader sudah disiapkan.
Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Klaten, Ahmad Mutohar mengatakan partainya belum mengadakan pembahasan khusus guna menghadapi Pilkada 2020.

” Dalam waktu dekat mungkin akan dibicarakan. Kami menunggu momentum saja,” katanya, Sabtu (20/7).

Menurutnya meskipun belum dibicarakan secara khusus tetapi DPC sudah memiliki banyak stok calon pemimpin yang bisa diajukan di Pilkada 2020. Baik untuk bertarung memperebutkan kursi bupati maupun untuk kursi wakil bupati. Stok calon itu bisa berasal dari struktur DPC maupun non struktural DPC.

Kader terbaik untuk pemimpin di PKB diyakini cukup banyak sebab proses kaderisasinya berjalan terus. Hanya saja siapa bakal nama calonnya, PKB masih belum membukanya saat ini. Pada Pilkada 2020, yang jelas PKB tidak mungkin mengusung calon sendiri dan harus berkoalisi dengan partai lain untuk mencapai syarat 20 persen keterwakilan di DPRD.

Untuk itu, PKB siap berkoalisi dengan partai manapun, termasuk dengan PDI P yang mendapat wakil mayoritas dari Pemilu 2019 lalu. Tidak menutup kemungkinan bisa saja berkoalisi dengan partai lain semacam Partai Gerindra, PAN, Demokrat, Golkar, PKS dan lainnya. Dalam politik, dinamika akan terus berkembang dan PKB akan mengikuti dinamika di lapangan.

Cermati Peluang

Dalam menghadapi Pilkada 2020, kata Mutohar, DPW PKB Jawa Tengan belum memberikan instruksi khusus ke DPC. DPW hanya memberikan sinyal agar DPC mencermati peluang yang ada, peluang dengan PDI P maupun ritme masyarakatnya. Sementara DPD PKS Kabupaten Klaten yang dari hasil Pemilu 2019 akan tetap mampu berdiri menjadi satu fraksi juga telah menyatakan sikap.

PKS siap mendorong kadernya maju di Pilkada 2020 saat Musyawarah Daerah beberapa waktu lalu. Ketua DPD PKS Kabupaten Klaten, Marjuki mengatakan keputusan memajukan kader merupakan amanah Musyda yang harus dijalankan oleh pengurus. ” Amanatnya bagaimana sebanyak mungkin kami mengisi posisi anggota DPRD dan percaya diri majukan kader di Pilkada 2020,” ungkapnya.

Saat ini DPD telah melakukan persiapan teknis dengan melakukan Pemilu internal untuk menjaring aspiraasi kader terkait sosok yang akan diajukan di Pilkada 2020. Setelah itu akan diadakan konvensi untuk menjaring bakal calon. Jika nama-nama yang beredar ada dari beberapa.

Mulai dari anggota MPP PKS Jateng, Nanang Masykuri, Pengurus DPW , HM Agung Suryantoro, wakil ketua DPRD, Sudibyo, anggota fraksi, dokter Yudi B Prabawa, M Fajri yang di Solo. PKS pun terbuka dengan semua partai sebagai mitra koalisi. Yang penting memiliki kesepahaman dalam membangun Klaten. (Achmad H)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here