16.683 Peserta Seleksi Mandiri Ikuti Ujian Tulis

0
22
seleksi-mandiri-uns
SELEKSI MANDIRI : Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho saat meninjau peserta Seleksi Mandiri UNS yang berkebutuhan khusus. (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)
SOLO,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 16.683 pendaftar jalur Seleksi Mandiri (SM) di Universitas Sebelas Maret (UNS)  mengikuti Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC).  Ujian tersebut digelar serentak di delapan kota, termasuk di UNS. Mereka berebut 1.320 kursi S1 dan 382 kursi vokasi yang tersisa di PTN tersebut. 
 
Ujian di Solo diikuti 10.687 peserta. Mereka selain menempati lokasi ujian di lingkungan kampus UNS ada yang menempati di sekolah di luar kampus. “Di luar kampus ada lima sekolah yang digunakan. UTBC di luar Kota Surakarta dilaksanakan bekerjasama dengan PTN setempat,” jelas Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho didampingi Sekretaris Eksekutif SPMB Prof Dr Sunardi usai meninjau di sejumlah lokasi ujian.
 
Sementara di Surabaya (Unesa) 1.403 peserta, Bandung (Unpad Jatinangor) 610 peserta, Jakarta (UNJ) 3.006 peserta,  Serang (Untirta) 305 peserta, Lampung (Unila) 260 peserta,Medan (USU) 315 peserta dan Makassar (Unhas) 96 peserta. Rata-rata tingkat kehadiran peserta ujian sebesar 95,23 persen.
 
Prof Jamal mengemukakan,  seleksi mandiri merupakan jalur ketiga atau terakhir yang ditujukan untuk mengisi 20 persen daya tampung mahasiswa baru, atau sejumlah 1.320 untuk Sarjana S1 dan 382 untuk Vokasi.
 
Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana seleksi mandiri hanya didasarkan pada hasil ujian tulis SBMPTN,  tahun ini pendaftar SM UNS harus mengikuti ujian tulis berbasis cetak. Mereka yang mendaftar pada jalur ini juga harus pernah mendaftar SBMPTN. 
Pada Program Sarjana tersedia 67 Program Studi (Prodi) dan Program Vokasi tersedia 31 Program Studi. 
Dalam UTBC kali ini terdapat lima peserta yang berkebutuhan khusus   tunanetra dengan rincian di Fakultas Hukum (FH) 2 peserta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis  (FEB) 2 peserta dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (FKIP) 1 peserta.
 
Menurut Prof Jamal, untuk program S1 Kedokteran masih yang paling banyak diburu. Ada 2582 peserta yang memperebutkan. Disusul Fakultas Hukum 1273, Farmasi 1099, Psikologi 1096 dan Teknik Sipil 1087. Sementara untuk program vokasi yang paling diminati D4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Teknik Informatika.(Evie Kusnindya)
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here