Ibu dan Anak Tertimpa Pohon Palem Saat CFD Solo

ilustrasi-tertimpa-pohon
FOTO : Kompas

 

SOLO,suaramerdekasolo.com – Dua warga Solo menjadi korban pohon tumbang di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (21/7) pagi. Kedua warga Solo tersebut adalah ibu dan seorang anak balita berusia 1,5 tahun yang diketahui merupakan warga Kelurahan Bumi, Laweyan, Solo. Keduanya langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. 

Salah seorang saksi mata, Bibit Yanto mengatakan, sebelum pohon jenis palem tumbang, berhembus angin cukup kencang. Setelah itu,dia mendengarkan suara gemeretak pohon yang akan tumbang.

“Lalu terlihat perlahan pohon jenis palem tumbang. Saat itu di bawah pohon ada seorang anak dan ibunya. Warg yang melihat sempat berusaha menarik sang bocah,” katanya. 

Tetapi, Yanto menambahkan, pohon tetap mengenai bagian kepala sang anak. Selain mengenai anak, pohon dengan diameter lebih kurang 60 sentimeter dan panjang 6 meter itu juga mengenai sang ibu. Keduanya pun langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. 

Kejadian ini langsung dilaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta. Tidak berselang lama, petugas yang datang langsung melakukan evakuasi pohon yang diperkirakan berusia 1,5 tahun itu. 

“Kami langsung melakukan evakuasi pohon yang tumbang. Pohon palem yang tumbang kondisi mati dan memiliki rongga di bagian tengahnya. Sehingga tidak kuat menahan angin yang menerpa dan tumbang,” ucap salah satu petugas BPBD, Fahmi.

Kapolsek Laweyan, Kompol Ari Sumarwono menjelaskan, kejadian tumbangnya pohon dipastikan karena faktor alam. Karena kondisi pohon sudah lapuk di bagian tengahnya sehingga saat terkena angin langsung tumbang. 

“Korban bernama Kaifan Azzam Nur Rido berusia 1,5 tahun warga Tegal Ayu, Kelurahan Bumi mengalami luka di bagian kepala karena terkena pelepah pohon. Setelah dilakukan pemeriksaan tidak mengalami luka serius,” ucap Kapolsek. 

Ayah korban, Rohmat Slamet mengatakan Saat itu, dia dan keluarga tengah bersantai di Car Free Day (CFD) tiba-tiba pohon tumbang dan menimpa anak dan istrinya. Dirinya pun sempat panik saat mendapati anak dan istrinya tertimpa pohon palem. 

“Kami memang sering datang ke CFD setiap minggu. Tadi sempat panik, tapi sekarang kondisi anak dan istri sudah membaik,” ucap Rohmat. Apl

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here