Sambut Hari Anak Nasional, Sejumlah Anak Mainkan Permainan Tradisional

hari-anak-cfd-solo1
HARI ANAK : Hari Anak Nasional: Sejumlah anak menari bersama dalam kegiatan menyambut Hari Anak Nasional di CFD, Solo, Minggu (21/7). (suaramerdekasolo.com/Yusuf GUnawan)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada Selasa (23/7) mendatang warga Solo mengadakan kegiatan bertajuk #PestariaAnakanakKita. Kegiatan yang diadakan di kawasan Car Free Day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi diikuti oleh puluhan anak dari berbagai sekolah di Solo. Selain itu, para orang tua dan guru juga turut memeriahkan kegiatan ini.

Panitia kegiatan, Mayor Haristanto menjelaskan, kegiatan ini untuk menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli mendatang. Berbagai kegiatan yang diadakan bertemakan permainan tradisional. 

“Seperti lomba gelinding drum, balap karung, tarik bambu, dan juga permainan tradisional lainnya. Tentunya permainan ini sudah kami modifikasi untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini,” urai Mayor saat ditemui di lokasi.

Selain permainan, Mayor menambahkan, juga ada sajian tarian. Ada komunitas dari Batak yang menampilkan tarian khas Batak. Kemudian ada juga tarian Jaranan. “Tadi ada juga flashmob senam kreasi Paijo dari guru Paud. Kegiatan ini diharapkan bisa melestarikan budaya tradisional yang sudah ada. Selain itu, anak-anak juga bisa semakin mengenal permainan tradisional,” katanya. 

hari-anak-cfd-solo2
(suaramerdekaslo.com/Yusuf Gunawan)

Salah seorang peserta, Vanesa (11) menyambut antusias kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan dengan mengenalkan permainan tradisional cukup bagus. Mengingat, selama ini anak-anak lebih tertarik menggunakan gadget atau handphone daripada bermainan permainan tradisional. 

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini. Kita bisa mengenal permainan tradisional, bisa melestarikan budaya tradisional yang sudah ada. Saat ini banyak anak yang lebih suka bermain handphone daripada mainan tradisional,” katanya. 

Vanesa juga berharap, agar permainan tradisional lebih dikenalkan lagi. Sehingga, anak-anak zaman sekarang bisa kembali mengenal permainan tradisional. (Ari Punromo Apl)

hari-anak-cfd-solo2
(suaramerdekaslo.com/Yusuf Gunawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here