16.000 Liter Air Bantuan Suara Merdeka – Luwak White Koffie Disalurkan ke Lereng Merapi

bantuan-air-bersih2
AIR BANTUAN: Bantuan air bersih dari Harian Umum Suara Merdeka dan Luwak White Koffie diserahkan ke warga di Dusun Tegaleru, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Senin (22/7). (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

 

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 16.000 liter air bersih disalurkan Harian Umum Suara Merdeka bersama Luwak White Koffie (CV Java Prima Abadi) ke warga di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Senin (22/7). Bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian terhadap kekeringan yang dihadapi masyatakat.

” Kami sangat berterima kasih ada bantuan air,” ungkap warga Dusun Tegaleru, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Sri Sugianti, Senin (22/7) saat menerima bantuan air bersih.

Warga tampak antusias saat mobil tangki air milik PDAM Tirta Merapi, Kabupaten Klaten yang berkapasitas 4.000 liter datang. Dengan membawa ember dan galon air, warga mendatangi mobil yang masuk ke jalan-jalan dusun. Selain membagikan langsung ke warga, air bersih yang dikirim empat mobil tangki air PDAM itu digunakan untuk mengisi bak penampungan umum di empat RT.

Menurut Sri Sugianti, kiriman air dari Suara Merdeka dan Kopi Luwak itu sangat membantu setelah hujan sudah tidak turun sejak dua bulan lalu. Apalagi sudah beberapa pekan tidak ada bantuan datang dan bak umum yang dibangun warga kosong. Untuk membeli air warga harus mengeluarkan uang Rp 150.000- Rp 200.000 per tangki yang keliling. Air satu tangki seharga itu hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan air dua atau tiga pekan karena juga untuk memberi minum ternak sapi. Desanya merupakan desa terakhir di lereng Gunung Merapi yang berbatasan dengan Kabupaten Slamen, DI Yogyakarta.

Harus Membeli

Menurut Kepala Urusan Perencanaan Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Jainu, bantuan air bersih itu sangat membantu warganya. Sebab selama ini desanya masuk salah satu desa rawan krisis air bersih di Kabupaten Klaten. ” Di Desa kami ada 605 kepala keluarga yang krisis air bersih,” jelasnya.

KK sebanyak itu jumlah jiwanya sebanyak 2.048 jiwa. Sebagian RW sudah mendapat pasokan dari mata air Bebeng di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Namun sebagian dusun lain belum teraliri sehingga harus membeli sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hujan yang sudah tidak turun membuat persediaan air warga di bak rumah dan bak umum kosong. Apabila tidak ada bantuan, warga harus membeli dengan harga sampai tertinggi Rp 200.000 per tangki. Uang sebesar itu jelas menguras kantong masyarakat di desanya.

Koordinator Bisnis Kantor Suara Merdeka Kabupaten Klaten, Suroto mengatakan kegiatan penyaluran bantuan air bersih itu terselenggara berkat kerjasama Luwak White Koffie dan Suara Merdeka dibantu PDAM Tirta Merapi Klaten. Selain untuk meringankan beban masyarakat di wilayah krisis air, kegiatan itu sekaligus bentuk kepedulian dan upaya mendekatkan dengan masyarakat. (Achmad H)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here