Diganti Wakil Rakyat Baru, 14 Agustus Masa Jabatan DPRD Habis

dprd-kota-surakarta
PERCANTIK GEDUNG : Pekerjaan fisik dan pembenahan-pembenahan dilakukan untuk mempercantik gedung DPRD Kota Surakarta. (suaramerdekasolo.com/Budi Santso)

*Malam ini Calon Aleg Terpilih Ditetapkan KPU

SOLO,suaramerdekasolo.com-Sebanyak 45 anggota DPRD Kota Surakarta 2014-2019 akan habis masa jabatannya per 14 Agustus 2019. Para wakil rakyat ini akan diganti dengan yang baru, sebanyak 45 orang dan menjalankan tugasnya lima tahun mendatang 2019-2024. Dijadwalkan pada hari yang sama (14 Agustus 2019) ke-45 wakil rakyat ini dilantik. Mulai pekan ini sekretariatan DPRD (sekwan) Kota Surakarta sudah melakukan berbagai persiapan.

Sekwan Kota Surakarta, Tri Puguh Priyadi menuturkan, persiapan-persiapan dalam rangka menyambut pelantikan anggota dewan yang baru sudah disiapkan sejak sekarang.

“Persiapannya mulai dengan administrasi anggota dewan lama dan baru, seperti papan nama, pin, dan urusuan administrasi lainnya. Juga persiapan jas yang akan dipakai anggota dewan yang baru. Persiapan fisik seperti pembenahan gedung dan akses menuju gedung paripurna juga sudah disiapkan,” ungkap Puguh yang ditemui di ruanganya, Senin (22/7).

Persiapan lain yang bakal digeber adalah pengiriman surat kepada dua parpol pengumpul suara pemilu 2019 terbanyak untuk meminta nama-nama pimpinan DPRD sementara.
Puguh menjelaskan, pimpinan sementara ini harus sudah diputuskan oleh dua partai pemanang satu dan dua dalam hal ini PDI Perjuangan dan PKS. Dan nama-namanya sudah harus diserahkan ke sekwan untuk selanjutnya diputuskan dalam seremoni pemberhentian dan pengangkatan 45 anggota DPRD.

“Ya dua nama pimpinan inilah yang nanti mempersiapkan penyusunan tatib DPRD, dan proses penetapan pimpinan dewan definitif,” katanya.
Lebih lanjut Puguh menuturkan dari data sementara yang diterimanya ada sebanyak 16 penghuni wakil rakyat yang baru. Sebanyak 29 wakil rakyat merupakan muka-muka lama.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti kepada suaramerdekasolo.com, Minggu (21/7) malam mengkonfirmasikan, penetepan perolehan suara pemilu 2019 dan calon anggota legislatif (aleg) terpilih 2019-2024 bakal ditetapkan, Senin (22/7) malam. Rapat pleno penetapan dua agenda itu dilakukan setelah ada surat resmi dari KPU RI tentang izin penyelenggaraan tahapan pemilu yang paling akhir ini.
“Malam besok, (malam ini penetapannya),” terang Nurul. Pada rapat tersebut akan dihadiri perwakilan dari Bawaslu Solo, pengurus parpol dan lembaga terkait. (Budi Santoso

  1. Data Wakil Rakyat yang tidak jadi atau pindah ke DPRD Provinsi
    1. Umar Hasyim dari PAN
    2. Sugiarso dari PAN
    3. Edy Jasmanto PPP
    4. Djaswadi dari Partai Golkar
    5. Maria Sri Sumarni dari Partai Golkar
    6. Bambang Triyanto Partai Golkar
    7. Irawan Purnomo dari Partai Gerindra
    8. Kurniasari dari Partai Gerindra
    9 .Reni Widyawati Partai Demokrat
    10.Supriyanti dari Partai Demokrat
    11.Suranto Partai Demokrat
    12.Abdullah AA Partai Hanura
    13.Quatly Alkatiri PKS, pindah ke DPRD Provinsi
    14. Kristianto dari PDIP
    15. Heny Nogogini dari PDIP
    16. Suranta Sulistya dari PDIP
  2. Sumber : Setwan DPRD Kota Surakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here