Kedua Kalinya, Penetapan Caleg Terpilih dan Perolehan Suara Parpol Tertunda

APAT PLENO : Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti (dua dari kanan) membacakan penundaan penetapan perolehan suara parpol dan penetapan anggota legislatif terpilih Kota Surakarta di The Royal Surakarta Heritage, Senin (22/7). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

*MK Belum Putuskan Sengketa Pemilu

SOLO,suaramerdekasolo.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta kembali menunda penetapan perolehan suara parpol peserta pemilu 2019 dan datar calon legislatif (caleg) terpilih periode 2019-2024.
Penundaan ini disampaikan komisioner KPU di hadapan komisioner Bawaslu Surakarta, perwakilan parpol, OPD dan tamu undangan dalam rapat pleno yang digelar di The Royal Surakarta Heritage, Senin (22/7).
Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti saat menyampaikan pengumuman penundaan penetapan hasil pemilu 2019 ini mengatakan, penundaan ini dilakukan setelah menggelar pleno KPU yang dihadiri para komisioner dengan mengacu surat dari KPU RI yang disampaikan KPU Jateng.
“Khususnya di wilayah Dapil V Jateng, khususnya Solo dianjurkan penundaan penetapan hasil pemilu. Hal itu mengacu kepada surat dari KPU RI melalui KPU Jateng,” ujar Nurul kepada wartawan.
Meski rapat pleno penetapan diundur lagi, hampir mirip pada pleno pertama pada Rabu, 3 Juli 2019
Kali ini KPU membacakan perolehan hasil suara parpol dan nama-nama caleg terpilih.
“Sekali lagi, kami hanya membacakan dulu, belum ditetapkan agar diketahui parpol dan caleg,” terang Nurul.
Dikatakan, penundaan penetapan ini sebenarnya bisa disampaikan secara tertulis atau lisan kepada peserta rapat pleno terbuka, akan tetapi hal itu tidak dilakukan komisioner KPU, dan tetap menjalankan pleno karena ada beberapa pengumuman yang akan disampaikannya.
“Di antaranya tentang caleg terrpilih yang sampai sekarang belum menyerahkan tanda terima LHKPN,” imbuh Nurul.
Taufiqurrahman, perwakilan dari Partai Golkar memahami adanya penundaan hasil pemilu dan pileg Kota Surakarta. Dirinya berharap, penetapan ini bisa dijadwalkan lagi, sehingga partainya bisa mempersiapkan langkah berikutnya usai penetapan. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here