KPU Ingatkan Empat Calon Terpilih DPRD Belum Serahkan Tanda Terima LHKPN

0
22
lhkpn-celeg-terpilih

SOLO,suaramerdekasolo.com – Sampai dengan 22 Juli 2019, dari 45 calon legislatif (caleg) terpilih Pileg 2019, tinggal empat caleg yang belum mengirikan tanda terima laporan hasil kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

KPU Kota Surakarta secara tegas meminta empat caleg ini segera mengurus persyaratan administrasi yang krusial tersebut. Bila tidak diselesaikan dan tanda terima LHKPN diserahkan ke KPU maka dampaknya akan ditanggung caleg terpilih ini.

Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti menegaskan, pihaknya masih menunggu itikad baik keempat caleg terpilih ini segera menyelesaikan persyaratan administrasi tersebut.
“Kami masih menunggu keempat caleg terpilih ini menyerahkan tanda terima LHKPN. Kami telah menghubungi pengurus empat caleg dari empar parpol berbeda itu agar caleg terpilihnya segera menyerahkan bukti tanda terima penyerahan LHKPN,” terang Nurul kepada wartawan sebelum acara rapat pleno penetapan perolehan suara parpol pemilu 2019 dan penetapan caleg terpilih periode 2019-2024 di The Royal Surakarta Heritage, Senin (22/7).

Dikatakan, waktu yang dimiliki caleg terpilih dalam mengurus LHKP ini sangat pendek. Pada 6-9 Juli 2019 dipastikan pleno penetapan perolehan suara parpol dan caleg terpilih dibacakan dan diputus.
Padahal masa akhir jabatan wakil rakyat periode 2014-2019 berakhir dan ada pelantikan tanggal 14 Agustus 2019.
“Jadi ada hal penting, kenapa kami umumkan soal LHKPN, karena belum semua calon terpilih menyelesaikan tanda yerima dan menyampaikan ke KPU. Padahal waktu juga mepet.
Nurul menegaskan, ada konsekuensi bagi empat caleg ini tidak segera menyerakan bukti laporan LHKPN ini.

KPU tidak akan mengusulkan nama caleg terpilih dan meminta gubernur melalui wali kota tidak melantik caleg terpilih bersangkutan. Sehingga karena hal itu pentinh, makannya malam ini kami sampaikan hal ini karena uregnt,” tegas Nurul. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here