Peringati HUT RI, Karang Taruna Permata Nguter Buat Film Pendek

0
23
film-pendek-karangtaruna

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com –  Karang taruna Permata RT 02 dan 03 RW 04 Kecamatan Nguter mempunyai cara untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74 tahun 2019 nanti. Dimana dengan membuat film pendek dengan mengambil tema mainan tradisional “layang-layang” yang banyak diminati masyarakat.

Ketua Karang Taruna Permata Nguter, Andi Novianto mengatakan jika tema layang-layang ini banyak memiliki filosofinya. Bermain layang-layang memiliki beberapa manfaat positif seperti kesehatan, kompetisi, dan bisa saling mempererat tali persahabatan.

“Banyak gerak jika bermain layang-layang. Jadi bagus buat kesehatan dan bisa saling ketemu dengam teman-temannya,” ujar dia, kemarin.

Menurutnya, jika ada musuh layangan akan dinaikan dan sangkutan. Saat ada salah satu layanga yang putus maka mereka akan berlomba untuk mendapatkan layangan, bagus untuk mental anak-anak. Layangan ini merupakan mainan tradisional dan harus di lestarikan jangan sampai punah mengingat kemajuan teknologi sekarang ini.

“Kami ingin mainan tradisional ini tetap ada dan dimainkan ditengah perkembangan jaman. Gadget sekarang ini sudah meraja rela, jangan sampai anak-anak itu melupakan mainan tradisional dalam hal ini layang-layang,” ujar dia.

Dengan gadget membuat anak malas gerak, malas keluar rumah, dan bisa menjadikan anak lebih apatis. Tidak punya kebersamaan dengan yang lain. Adanya film ini diharapkan bisa menyadarkan anak tentang bahaya gedget, dan kembali melestarikan dolanan tradisional. ungkapnya.

“Masyarakat banyak yang tertarik dengan film yang dibuat. Bahkan tiap tahun itu selalu meminta dibuatkan film saat HUT Kemerdekaan Indonesia,” sambungnya.

Ini bukan film pendek pertama yang dibuat tapi sudah kali kelima sejak 2015 lalu. Tiap tahun tahun selalu membuat sampai sekarang dengan tema yang berbeda-beda, tetap mengangkat kearifan lokal. Nantinya film ini akan diputar saat puncak perayaan peringatan HUT RI 17 Agustus pada 31 Agustus nanti. Sebenarnya ada empat film yang dibuat Karang Taruna selain tema “laying-layang”. Itu seperti Bendera Untuk Rumahku, Sesat Sekarat (Narkoba), Permata Pancasila, dan Semua Sama Tanpa Bully.

“Nanti akan diputar di Panggung Pentas Seni akhir Agustus. Rencana akan kami diupload di YouTube agar masyarakat luas bisa menyaksikan. Ini memang belum buat tontonan masyarakat dan tidak pernah di ikutkan dalam lomba film pendek,” pungkas dia. (Ari Welianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here