Punya layanan Ojek ASI, Puskesmas Kebakkramat 1 Wakili Karanganyar ke Lomba Tingkat Provinsi

Puskesmas-Kebakkramat-maju-lomba-provinsi
LAYANAN KESEHATAN : Bupati Karanganyar Juliyatmono menyalami warga yang tengah antre mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas Kebakkramat 1, Senin (22/7). (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.comPuskesmas Kebakkramat 1 Karanganyar masuk nominasi lima besar lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Jateng 2019. 
Puskesmas yang memiliki layanan Ojek ASI ini akan bersaing dengan empat puskesmas lain di Jateng, untuk merebut gelar terbaik se-Jateng. Senin (22/7), tim penilai dari Pemprov Jateng mendatangi puskesmas tersebut, untuk melakukan verifikasi dan pengecekan lapangan, terkait semua aspek yang dinilai dalam lomba. 

Sekadar tahu, belum lama ini Puskesmas Kebakkramat 1 juga diganjar penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) atas layanan Ojek ASI. 
Layanan tersebut menjadi solusi bagi ibu untuk bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya, meskipun bekerja di tempat yang jauh dari rumahnya. 

Bupati Karanganyar Juliyatmono berharap, kinerja jajaran Puskesmas Kebakkramat 1 dinilai bagus, sehingga bisa menjadi juara dalam lomba tingkat provinsi. 
“Sebelum maju ke tingkat provinsi, Puskesmas Kebakkramat 1 ditetapkan sebagai puskesmas tingkat perkotaan terbaik se-Karanganyar. Yang dinilai semua aspek. Ya kinerjanya, administrasinya, manajemen, dan sebagainya. Mudah-mudahan, nantinya bisa mewakili Jateng ke lomba tingkat nasional,” tuturnya.

Pelayanan masyarakat 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Cucuk Heru Kusumo mengatakan, ada berbagai aspek yang dinilai, berkaitan dengan mutu kinerja puskesmas dalam rangka memberikan pelayanan pada masyarakat 
“Ya dari aspek manajemennya, tata laksana manajemen puskesmas, mutu pelayanan pada masyarakat, dan sebagainya. Kebetulan, dari 21 puskesmas se-Karanganyar, Kebakkramat 1 ini yang terbaik. Terus kami ajukan ke provinsi, ternyata lolos nominasi lima besar,” jelasnya. 

Kebetulan pula, Puskesmas Kebakkramat 1 memiliki layanan Ojek ASI,  yang merupakan inovasi pelayanan dalam upaya mendongkrak prosentasi pemberian ASI eksklusif pada bayi di kawasan tersebut. 
“Layanan Ojek ASI itu melengkapi aspek kinerja, yang menjadi bahan penilaian. Ya, semoga saja di tingkat provinsi bisa menjadi juara. Apalagi Karanganyar sudah lama tidak ada yang juara di level provinsi, meskipun tiap tahun mengikuti lomba puskesmas berprestasi,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here