Antisipasi Pengendara Jatuh, Relawan Pawartos Tandai Jalan Berlubang

relawan-tandai-jalan

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com  –Relawan yang tergabung dalam Paguyupan Warga Ageng Kartasura (Pawartos) memberi tanda pada jalan-jalan yang rusak dan berlubang dengan warga putih. Kondisi jalan tersebut banyak menyebabkan kecelakaan pengguna sepeda motor jatuh, karena tidak tahu dan harus menghindari.

Aksi sendiri dilakukan oleh sejumlah relawan pada, Senin (22/7) malam. “Itu aksi penandaan jalan yang rusak dan berlubang memakai pilox warna putih di wilayah Kecamatan Kartasura. Itu kami lakukan malam hari yang kondisi jalan sudah sepi,” ujar Wakil Ketua relawan Pawartos, Deni Kristianto, kemarin.

Banyak pengguna sepeda motor yang jatuh karena tidak tahu jalan rusak atau ada lubang. Jadi penandaan ini biar tidak ada korban lagi, pengguna jalan akan tahu jika ada jalan yang rusak dan berlubang. Biasanya itu kecelakaan terjadi pada malam hari, apalagi kondisi jalannya itu gelap jadi tidak kelihatan.

“Untuk warna memang sengaja putih, karena itu kalau malam hari kelihatan dari kejauhan. Laporan dari masyarakat banyak yang jatuh, masyarakat harus waspada dan hati-hati dalam berkendaraan tidak ngebut,” kata dia.

Relawan pawartos

Aksi ini bukan yang pertama kalinya oleh relawan Pawartos, sebelumnya sudah pernah dilakukan. Tapi tidak ada tindak lanjut dari dinas terkait, akhirnya lama-lama dari relawan memperbaiki sendiri dengan seadanya. Untuk dananya itu swadaya dari relawan, ada juga dari donatur yang memberikan bantuan buat memperbaiki.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami, ini juga berkat laporan dari masyarakat.  Ini memang bukan yang pertama kali dan berharap agar dinas terkait itu tahu lalu segera memperbaiki agar tidak membahayakan pengguna jalan,” paparnya.  

Aksi ini akan di viralkan lewat media sosial (medsos) agar ada perhatian dari dinas. Ini tidak hanya di wilayah Kartasura saja banyak jalan yang rusak tapi di wilayah lainnya juga. “Ini sangat efektif bisa membantu penggunan jalan. Kami akan viralkan terus,” imbuh dia.

Sementara itu salah satu warga, Agung Nugrogo mengatakan jika aksi penandaan jalan yang berlubang ini sangat membantu sekali. Masyarakat jadi tahu ada jalan yang rusak dan berlubang, jadi bisa waspada dan berhati-hati.

“Sangat membantu sekali. Saya mengapresiasi aksi ini, karena memang banyak jalan yang rusak dan berlubang, dari dinas harus segera memperbaiki biar tidak ada jatuh korban lagi,” pungkasnya. (wel)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here