Rusak Parah, Lima Ruas Jalan Merapi Dicor Rigid

jalur-evakuasi-merapi2
JALAN RUSAK: Truk angkutan pasir melintas di Jl Pasar Kembang-Dompol, Kecamatan Kemalang. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Lima ruas jalan di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Kemalang dan sekitarnya tahun ini akan direhab. Perbaikan dilakukan dengan peningkatan jalan melalui pengecoran rigid beton.
Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Klaten Jateng, Suryanto mengatakan ada lima ruas yang akan diperbaiki di wilayah lereng Gunung Merapi.

” Semua akan dicor beton seperti sebelumnya,” ungkapnya, Selasa (23/7).

Lima ruas yang sudah dianggarkan di APBD 2019 itu tersebar di beberapa wilayah. Menurutnya, pengecoran itu tahun sebelumnya sudah dilakukan di wilayah lereng. Namun karena keterbatasan anggaran tidak bisa setahun total ditingkatkan. Tahun ini baru dilanjutkan dengan lima titik jalan. Antara lain ruas jalan Karangnongko-Mipitan di Kecamatan Karangnongko; jalan Karangnongko-Gorosan-Gemampir di Kecamatan Karangnongko; jalan Gemapir-Jiwan di Kecamatan Karangnongko, jalan Pasar Kembang-Dompol di Kecamatan Kemalang dan jalan Surowono-Tegalmulyo di Kecamatan Kemalang. Semua ruas itu akan dicor beton dengan tebal 25 centi meter.

Cek Ulang

Selain itu ada kegiatan peningkatan non cor di ruas jalan Ngemplak Seneng-Panggang di Kecamatan Kemalang. Di ruas ini akan didanai dengan dana alokasi khusus (DAK). Yang didanai bantuan keuangan provinsi ada tiga yaitu cor di ruas Gorosan-Gemampir, Gemampir-Jiwan dan Surowono-Tegalmulyo. Sisanya didanai dengan dana APBD Klaten 2019.

Khusus ruas jalan Pasar Kembang-Dompol, kata Suryanto, sudah sampai tahap kontrak dan survei ulang bersama rekanan pelaksana. Setelah itu hanya tinggal menunggu pelaksanaan pekerjaan. Tahun ini kegiatan jalan dan jembatan ada sekitar 23 paket dengan anggaran Rp 118 miliar dari APBD maupun APBN. Sebelumnya diberitakan, jalur evakuasi Gunung Merapi di Kabupaten Klaten rusak berat dilalui truk pasir. Warga mengeluhkan kerusakan sebab status Gunung Merapi sudah waspada. (Ahmad H)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here