Karanganyar Raih Predikat Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama

kota-layak-anak-karanganyar
DIALOG – Dialog antara tim verifikasi daerah layak anak dengan pejabat Karanganyar, Selasa (7/5). (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com. Karanganyar Jawa Tengah meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). 
Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Karanganyar Any Indrihastuti, dalam seremoni yang digelar di Makassar, Selasa (23/7) malam. 
 
“Karanganyar meraih predikat KLA Tingkat Pratama,” kata Any melalui pesan aplikasi Whatsapp, Rabu (24/7). 

Menurutnya, tingkat pratama merupakan peringkat awal dari KLA. Di atas tingkat pratama adalah tingkat nindya dan utama. 

Menurut Any, setelah meraih predikat tersebut, Karanganyar akan melakukan berbagai pembenahan dan membuat kebijakan dan program, untuk mendukung implementasi KLA. 

Dia berharap, setelah mendapat predikat KLA, ke depan diharapkan ada implementasi nyata. 

“Jadi tidak sekadar predikat, tapi pemenuhan hak anak benar-benar terpenuhi. Tahun depan, rencananya akan kami ajukan Perda KLA untuk menguatkannya,” imbuhnya. 

Untuk diketahui, Predikat KLA diraih Karanganyar setelah dilakukan serangkaian penilaian oleh Tim Verifikasi KLA pada Mei lalu. Sejumlah indikator KLA dimiliki Karanganyar, seperti sekolah ramah anak, puskesmas ramah anak, taman ramah anak, hingga kebijakan administrasi untuk pemenuhan hak anak. 

Terpisah, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, dengan diraihnya predikat KLA, diharapkan pengambilan keputusan terkait kebijakan pembangunan di Bumi Intanpari akan semakin memperhatikan hak anak. (Irfan Salafudin) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here