36% Warga Kota Solo Ingin Pemimpin dari Kalangan Pengusaha

riset-kebijakan-publik-unisri-solo


* Anak-anak Jokowi Disebut Paling Tinggi

SOLO,suaramerdekasolo.com, Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mempublikasikan hasil riset kepemimpinan Kota Surakarta 2020-2024, Kamis (25/7).
Ketua peneliti Dr Suwardi menjelaskan, hasil riset yang digelar selama satu bulan dengan metode teknk Delfi, FGD, dan survei menyebutkan dari 766 responden yang ditanya (100 persen) tentang sisi perspektif kepimpinan Kota Surakarta.

Calon dari kalangan pengusaha menduduki posisi 36 persen yang dikehendaki responden. Adapun calon kalangan dari pegawai negeri sipil (ASN) atau birokrat dikehendaki responden sebanyak 32 persen disusul politisi, akademisi, TNI, ulama dan polisi.

Sosialisasi riset yang digelari di ruang rapat rektorat Unisir itu juga menyebutkan dari aspek tokoh secara personal nama Gibran Rakabuming masuk urutan pertama disusul Achmad Purnomo dan anak lelaki kedua Presiden Joko Widodo Kaesang.

“Bahkan nama Gibran dan Achmad Purnomo sama-sama disebut responden hingga 90 persen. Nama Kaesang disebut 86 persen,” terang Suwardi.

Ketua Laboratorium Kebijakan publik Unisri inijuga  menerangkan, tingkat penerimaan responden empat tokoh memiliki tingkat yang tinggi. Lagi-lagi dua nama anak Presiden RI masuk, meskipun yang tertinggi adalah Wakil Wali Kota Achmad Purnomo 83 persen, disusul Gibran 61 persen, Teguh Prakosa 49 persen, dan Kaseang 36 persen.

“Dari hasil riset ini kami menyimpulkan, nama Achmad Purnomo, Gibran, Teguh Prakosa memiliki perspektif kepemimpinan terbanyak. Kami tidak ada prestensi di luar kajian akademis.
Riset ini dikerjakan atas dasar ilmiah. Hasil riset ini dipublikasikan ke jurnal ilmiah internasional,” ucap Suwardi yang didamping Rektor Unisri Prof Dr Ir Sutardi, dan bagian humas Suharno. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here