Edutainment Semarakkan Kampanye Anti Narkoba

superman-anti-narkoba3
SUPERHERO : Dua superhero berkampanye anti narkoba di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (23/7).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

*Gandeng duo superhero blangkon

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Ada-ada saja cara aktifis anti narkoba untuk mengajak generasi muda untuk menjauhi barang haram bernama narkoba. Seperti yang dilakukan duo superhero blangkon pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional yang digelar di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (23/7).
Acara yang diselenggarakan Ikatan Purna Pendidikan Klaten (IPPK) dan Forum Masyarakat Anti Narkotika (Formas Anar) itu dihadiri sekitar 300 peserta dari kalangan pelajar, perwakilan dari SMP dan SMA se-Klaten.

Dalam acara tersebut didatangkan dua pembicara yakni Jamaluduin Ma’aruf dari BNNP Jateng yang memaparkan tentang keadaan penyalahgunaan narkoba di Jateng dan Danar and The Blangkon dari BNK Sukoharjo yang mengulas tentang motivasi pelajar untuk stop narkoba.

Dengan berkostum superhero dan blangkon, dua aktifis membawakan lagu-lagu, salah satunya guyon maton dan korban janji. Itu sesuai dengan masa lalu mereka yang menjadi korban janji dari bandar narkoba. Tentu saja lirik lagunya sudah diubah dan disisipi pesan anti narkoba untuk menyelamatkan generasi muda.

‘’Spontan saja suasana seminar menjadi penuh tawa para pelajar. Mereka ikut menyanyikan lagu-lagu yang dibawakan. Tanpa disadari, mereka terbawa suasana penyuluhan gaya baru yang disebut edutainment atau edukasi dan entertainment ala Danar dan The Blangkon,’’ kata Danar didampingi parnernya Deny Klowor.

superman-anti-narkoba4

‘’Pemakaian kostum superhero juga dipilih karena kegiatan juga bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional. Lirik lagu korban janji menceritakan seseorang korban janji para pengedar narkoba dan terperosok, namun sekarang sudah sadar dan menjadi penyuluh serta pelayan gereja,’’ ujar Danar.

Menurut Ketua IPPK, Djoko sutrisno, seminar itu merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional. Mereka juga memilih kalangan pelajar untuk menjadi duta anti narkoba Klaten.(Mrawati Sunantri)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here