Jumat Malam SKF Ramaikan Kota Solo

SKF-Ramaikan-Solo1
KERONCONG BALE:Salah satu penampilan OK Nada Juang dari Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar saat tampil pada konser Keroncong Bale di Balai SOedjatmoko, Rabu malam lalu.(suaramerdekasolo.com/Sri Wahjoedi)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Penghujung Juli Kota Solo akan diramaikan dengan konser musik keroncong. Solo Keroncong Festival (SKF) 2019 bertemakan Warna Warni Keroncong Nusantara II, akan digelar di Balai Kota Surakarta Jumat-Sabtu, 26-27 Juli. Pada gelaran itu akan tampil 10 orkes keroncong dari berbagai kota. Artis Dorce Gamalama ikut memeriahkan event tahunan itu bersama Ratu Kembang Kacang, Hj Waljinah.

Menurut panitia, Ary Mulyono, pada malam pertama tampil lima orkes yaitu Orkes Keroncong(OK) Tanjung Enim, Sumatera Selatan, Mahasiswa UPI Bandung, Cong Yang Gita Citra ALam, Demak, OK Swastika Solo dan OK BPD Jateng. Sementara untuk malam kedua(Sabtu, 27/7) akan tampil OK Sekolah Pilar Remaja cibubur, Jawa Barat,, OK ANjuk Landang, Nganjuk, OK De Puspa, Jakarta, OK NUswa, SOlo dan OK Bintang Surakarta yang dibina legendaris penyanyi keroncong Hj Waljinah.

”Pada konser SKF kali ini akan hadir bintang tamu antara lain James Shu dan penyanyi Vera dari Hongkong, Lola Thoyib dan Neni ANgelita dari Solo. Selain itu artis Dorce Gamalama akan tampil bersama Ibu Waljinah,” katanya.

Tidak pelak lagi, konser keroncong bertaraf internasional itu memang sudah menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Surakarta. Sudah untuk kesekian kalinya SKF mendatangkan sejumlah orkes dari berbagai kota di Indonesia maupun manca negara seperti Malaysia maupun Singapura.

SKF-Ramaikan-Solo2

Nampaknya SKf yang menjadi ikon musik tradisional itu telah menjadikan Kota Solo sebagai Ibu Kota Keroncong.

Sejumlah kantong seni di Solo, secara rutin menggelar konser musik keroncong. Seperti Lesehan Keroncong di Taman Budaya Jawa Tengah Surakart(TBS), Keroncong Bale di Balai SOedjatmoko maupun konser yang diadakan Himpunan Artis Musik Keroncong Repubik Indonesia(Hamkri) Solo di teras Museum Keris Solo.

Digelarnya SKF, membuat jadwal Keroncong Bale yang biasa digelar pada Jumat malam minggu ketiga, diajukan pada Rabu malam lalu. Pada konser itu tampil OK Nada Juang dari Selokaton, Gondanrejo, Kabupaten Karanganyar. Orkes yang berdiri tiga tahun lalu itu mengusung sejumlah artis penyanyi yang membawakan beberapa nomor lagu keroncong antara lain keroncong, stambul maupun langgam.

Para artis itu melantunkan 11 lagu antara lain Keroncong Bandar Jakarta, Langgam Pandanwangi, langgam Biarkan Malam Gelap Berlalu, pop keroncong Kemarin, langgam Jawa Andum Basuki dan keroncong dandung Aku Rapopo.(Sri Wahjoedi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here