Kasus Video Kampanye, Camat Purwantoro Pasrah Menerima Sanksi

Video-Kampanye-Camat-Purwantoro

*Camat Purwantoro Wonogiri Joko Susilo

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com Camat Purwantoro Joko Susilo mengaku pasrah jika mendapatkan sanksi disiplin sedang Apartur Sipil Negara (ASN). Sanksi tersebut dijatuhkan setelah dia terekam dalam sebuah video sedang menyampaikan sambutan mengarah kepada kampanye dalam sebuah acara yang berlangsung di pendapa Kecamatan Purwantoro, 8 April lalu.
 
Adapun sanksi akan diberikan oleh Bupati Wonogiri kepada Camat Purwantoro. Joko kemungkinan akan mendapatkan sanksi disiplin sedang. Dapat berupa penundaan gaji berkala selama satu tahun, penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun, atau penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun. “Saya akan menerima (sanksi yang diberikan). Saya anak buah Pak Bupati, jadi saya manut,” kata Joko Susilo, Kamis (25/7).
 
Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo mengatakan, ada beberapa rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). KASN merekomendasikan agar Joko Susilo dijatuhi sanksi disiplin sedang, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) no 53/2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil.
 
Rekomendasi KASN
 
Meski demikian, Bupati akan mengedepankan musyawarah untuk mufakat dalam menjatuhkan sanksi sesuai dengan proses dan tahapan yang dilalui. Menurutnya, yang dilakukan Camat Purwantoro tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman sehingga tidak ada unsur kesengajaan. “Tetapi karena ada konsekuensi-konsekuensi logisnya, poin-poin itu (rekomendasi KASN) akan kami sampaikan. Kebijakan yang diberikan nantinya harus kesadaran dan tanggung jawab profesi ASN,” terangnya.
 
Pihaknya akan berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri terlebih dahulu. Selanjutnya, berkonsultasi dengan KASN. “Nanti pada waktunya akan kami publikasikan. Jangka waktunya memang 14 hari (setelah rekomendasi KASN diterima Bupati). Tetapi kan baru repot, tidak ada masalah, tentunya ada permakluman,” ujarnya.
 
Seperti diketahui, KASN telah melayangkan surat kepada Bupati Wonogiri dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri, 9 April lalu. Surat bernomor R2080/KASN/VI/2019 itu merekomendasikan agar Bupati menjatuhkan sanksi disiplin sedang kepada Camat Purwantoro Joko Susilo karena melanggar netralitas ASN dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu.
 
Camat Purwantoro Joko Susilo dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Wonogiri. Dia terekam dalam sebuah video sedang menyampaikan sambutan mengarah kepada kampanye dalam sebuah acara yang berlangsung di pendapa Kecamatan Purwantoro, 8 April lalu. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here