masa Tinggal Penghuni Rusunawa Dibatasi Hanya Lima Tahun

sewa-rusunawa
RUSUNAWA- Belasan penghuni yang menghuni di rusunawa di Solo, akan ditertibkan karena pada nunggak sewa, Rabu (3/7). Suaramerdekasolo.com (Yoma Times Suryadi)

SOLO,suaramerdekasolo.comPemkot Surakarta memberikan batasan masa tinggal para penghuni rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Para penyewa hanya diberikan masa tinggal selama maksimal lima tahun. Pembatasan ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada warga Solo yang lainnya untuk bisa menempati Rusunawa. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sewa, Dinas Perumahan, Kasawan Permukiman dan Pertanahan (Perkim), Iswan Fitradias, menjelaskan, sesuai dengan aturan yang ada para penghuni Rusunawa hanya dibatasi selama lima tahun saja. Selama waktu itu, penyewa bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Ruaunawa.

“Kalau warga atau penyewa ingin menempati lagi, maka merek harus mengajukan lagi permohonan agar bisa menempati Rusunawa. Pengajuan perpanjangan izin tinggal itu, harus langsung ke Wali Kota Surakarta,” terangnya. 

Jika nantinya, Iswan menambahkan, permohonan perpanjangan izin tinggal disetujui maka warga bisa menempati lagi Rusunawa. Tetapi, jika sebaliknya maka warga diharapkan bisa meninggalkan Rusunawa dan menempati hunian yang lain.

“Kalau memang disetujui bisa kembali menempati. Perpanjangan masa tinggal ini memang hanya lima tahun sekali, dan tentunya setiap lima tahun juga ada pergantian Wali Kota bisa saja kebijakannya juga berbeda,” tuturnya. 

Tujuan keberadaan Rusunawa, kata Iswan tidak lain adalah agar warga Solo bisa menempati hunian sehat. Mengingat, selama ini masih banyak warga Solo yang belum tinggal di rumah yang sehat. Dan selama lima tahun menempati Rusunawa, warga diharapkan juga bisa menabung untuk keperluan bisa membeli rumah tinggal sendiri.

Sehingga, setelah lima tahun menempati Rusunawa mereka bisa pindah ke huniannya sendiri. “Dengan tinggal di Rusunawa warga ini kan bisa menabung dan berusaha untuk memiliki hunian atau rumah sendiri. Jadi nantinya mereka tidak lagi tinggal selamanya di Rusunawa,” tandasnya. (Ari Purnomo Apl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here