Miliki 3 Kursi, 3 Partai Siap Berkoalisi di Parlemen

koalisi-dprd-solo
LINTASI GEDUNG DEWAN : Pengguna jalan melintasi pintu masuk gedung DPRD Kota Surakarta. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

-Juga Usung Pasangan Cawali-Cawawali

SOLO,suaramerdekasolo.comTiga partai besar di Kota Solo yakni PAN, Partai Gerindra, dan Partai Golkar memiliki peluang besar berkoalisi tingkat fraksi atau di DPRD Surakarta. Ketiga partai yang masing-masing mendudukan tiga kadernya di parlemen ini juga berpeluang membentuk koalisi gabungan menyambut Pilkada Solo 2020. Saat ini petinggi masing-masing partai ini saling menjajaki untuk mengakomodir kepentingan partainya.

Sekretaris Wilayah DPW PAN Jateng, Umar Hasyim mengatakan, DPD PAN Kota Surakarta yang memiliki kursi di DPRD Surakarta dianjurkan terus berkomunikasi dengan kedua partai tersebut. Komunikasi dengan Partai PKS dan partai lainnya juga harus diintensifkan.

“Semestinya komunikasi politi sudah dilakukan minimal informal, sebelum membawanya di pertemuan formal. PAN harus melakukan koalisi baik dalam pembentukan fraksi maupun, koalisi menyambut pilkada nanti,” kata Ketua MPP DPD PAN Solo ini, Kamis (25/7).

Adapun Ketua Partai Gerindra Ardianto Kuswinarno mengklaim, partainya tinggal menggelar pertemuan resmi dengan PAN guna meresmikan pembentukan fraksi. “Nama fraksi malah sudah ada yakni Fraksi Pagar (PAN-Gerindra), tinggal pertemuan formal saja. Nah, syukur-syukur koalisi ini berlanjut ke koalisi pada pilkada dengan menggandeng Golkar atau PKS,” tegas Ardian.

Mekanisme partai

Sementara itu Ketua DPD PKS Ghofar Ismail mengaku terbuka atas permintaan partai lain dalam mengajak koalisi. Kendati demikian, partainya masih menunggu masukan dari kader-kader di bawah atau melalui mekanisme partai untuk memutuskan dua ha itu. 

“Pastinya kita sudah punya fraksi di DPRD, terkait pilkada ini masih nunggu aspirasi kader di bawah,” katanya.
Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Maria Sri Sumarni mengungkapkan, partai membawa wacana pembentukan koalisi di parlemen dan pilkada ke DPW Partai Golkar.
“Biar nanti yang memutuskan DPW, kami tinggal mengikutiny,” kata Maria.

Adapun PDI Perjuangan melalui sekretaris partainya Teguh Prakosa mengaku partainya mantap mengusung calon sendiri dalam pilkada. Pada tataran parlemen, posisi partainya sangat kuat karena memiliki 30 kursi.
“Kami optimistis dengan pelaksanaan pilkada nanti dengan mengusung calon sendiri. Kami juga semakin mantap di parlemen karena ada 30 kursi dipegang kader kami,” imbuhnya.(J5)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here