Disebut Figur Terpopuler Versi Riset Unisri : Achmad Purnomo Mengaku Tak Berambisi, Teguh Prakosa Terkejut !

figur-pilkada-solo-2020
FOTO DIRI : Sekreatris DPC PDI Perjuangan Surakarta,Teguh Prakosa (kiri) dan Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo. (suaramerdekasolo.com/Budi Santso)

 

SOLO,suaramerdekasolo.com – Nama Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa digadang-gadang sebagai paket ciamik yang pas melenggang di Pilkada Solo 2020. Kedua kader terbaik PDI Perjuangan Kota Solo ini juga disebut-sebut sebagai birokrat dan politisi yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi sebagai pemimpin Kota Solo mendatang sesuai dengan survei Lembaga Kajian Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo.
Kepada suaramerdekasolo.com di gedung DPRD Kota Surakarta, Jumat (26/7) Teguh Prakosa mengaku kaget dengan hasil survei itu.

“Saya kaget saja, nama disebut-sebut. Saya berterima kasih,” kata Teguh.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Surakarta ini mengaku, responden yang menyebut namanya dan Wakil Wali Kota Achmad Purnomo sebagai sosok ideal bagi kepemimpinan Solo 2020-2024 mengaku kiprah keduanya.

“Yang jelas berterima kasih, masyarakat sudah mengakui kiprah kami selama ini,” ujar Ketua DPRD Surakarta ini.

Berbeda dengan tanggapan Achmad Purnomo atas hasil survei akademisi perguruan tinggi swasta di Kota Bengawan. Purnomo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta ini enggan berkomentar menanggapi hasil survei tersebut.

“Saya tidak bisa memberi tanggapan apa-apa, lha wong itu survei pihak lain. Bisa saja benar, bisa saja tidak benar,” kata dia.

Tak berambisi

Ia juga menegaskan, PDIP memilki mekanisme tersendiri untuk menentukan bakal calon Wali Kota/Wawali. “Saya kan kader partai. Kalau perintahnya maju ya maju, kalau tidak ya tidak. Toh saya juga tidak punya ambisi pribadi atau target khusus dalam Pilkada,” tandas Purnomo.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyatmo (Rudy) hasil survei dari Unisiri sebuah kejutan. Apalagi ada nama dua putra Presiden Joko Widodo yakni Gibran dan Kaesang yang juga populer di mata warga Solo dan memiliki kans besar menjadi pemimpin di tanah kelahirannya sendiri

PDIP siap menampung keduanya jika serius maju dalam Pilkada Solo 2020. “Tidak apa-apa masyarakat Solo melakukan survei. Tapi kalau PDIP harus mengikuti mekanisme partai dan kami masih menunggu juklak juknis dari DPP. Kalau memang ada minat dan diyakini bisa memimpin masyarakat Solo, sah saja,” kata Rudy.

Rudy menambahkan PDI Perjuangan Surakarta selalu terbuka dengan siapapun yang ingin maju dalam Pilkada 2020. Bahkan jika Gibran akan maju, PDIP siap menampungnya. Tetapi Rudy mengatakan tentunya akan ada mekanisme yang harus dilalui.
“Yang jelas PDIP selalu membuka diri dengan pihak manapun dan ada mekanisme partai yang harus dilalui. Kalau mas Gibran juga mau maju kami siap menampungnya,” bebernya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here