Generasi Muda Perlu Edukasi Tentang Sampah

edukasi-sampah-generasi-muda
MEMUNGUT SAMPAH : Anggota Pramuka Saka Wana Bakti memunguti sampah di Obyek wisata Sendang Asri Waduk Gajahmungkur (OWSA-WGM) Kabupaten Wonogiri, Jumat (26/7). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Cabang Dinas Kehutanan Wilayah XI Wonogiri-Sukoharjo Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jateng menggelar Gerakan Pungut Sampah di Obyek wisata Sendang Asri Waduk Gajahmungkur (OWSA-WGM) Kabupaten Wonogiri, Jumat (26/7). Hanya dalam waktu 1,5 jam, mereka mengumpulkan 130,2 kilogram sampah anorganik dari obyek wisata tersebut.

Ketua Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (Ipkindo) Wonogiri Suwardi didampingi Koordinator Penyuluh Kehutanan Kabupaten Wonogiri Agus Purwadi mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup.

“Kegiatan diikuti sekitar seratus orang. Antara lain dari staf Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jateng, penyuluh kehutanan, anggota Pramuka Saka Wana Bakti, UPT Obyek Wisata Waduk Gajahmungkur, dan Ipkindo Wonogiri,” kata Suwardi.

Adapun sampah-sampah anorganik yang mereka temukan didominasi sampah plastik bekas makanan dan minuman. Selain itu, mereka juga menemukan banyak sampah berupa jaring rusak di sekitar obyek wisata. Sampah-sampah itu kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Wonogiri.

Kegiatan itu digelar untuk memberi edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda dan wisatawan mengenai pentingnya membuang sampah. Pasalnya, beberapa masyarakat masih kurang kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. “Masyarakat terdidik biasanya sudah membuang sampah pada tempatnya. Karena itu perlu edukasi, terutama kepada para generasi muda,” imbuhnya.

Edukasi juga diperlukan kepada para pengunjung obyek wisata. Salah satu yang penting disampaikan adalah memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Terlebih, sampah plastik saat ini sudah menjadi ancaman bagi lingkungan hidup karena sulit terurai di alam bebas.

“Ancaman sampah plastik juga sudah menjadi perhatian Bapak Gubernur (Ganjar Pranowo),” terangnya.

Selain menggelar Gerakan Pungut Sampah di Obyek wisata Waduk Gajahmungkur, pihaknya juga berencana mengadakan kegiatan serupa di Pasar Kota Kabupaten Wonogiri. “Kemudian sekitar bulan November dan Desember mendatang, kami akan melaksanakan penanaman pohon,” ujarnya. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here