Jalur Utama Kota Delanggu Dialihkan, Ada Pekerjaan Jalan

proyek-jalan-klaten
RAMBU JALAN: Rambu pengalihan arus dipasang di Jl Yogya-Solo, depan Terminal Delanggu, Jumat (26/7) pagi sebab ada pekerjaan jalan. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com -Jalur utama di jalan nasional Jl Yogya-Solo yang melintas di Kota Kecamatan Delanggu dialihkan, Jumat (26/7). Pengalihan arus dilakukan sebab ada pekerjaan jalan di depan kantor kecamatan.

Doni, salah seorang warga mengatakan pengalihan arus di sisi selatan mulai dari simpang empat Terminal Delanggu ke utara dimulai sejak tengah malam.

” Arus dari arah Yogyakarta dialihkan ke jalan lingkar,” jelasnya, Jumat (26/7).

Kendaraan roda dua dan empat dari Yogyakarta menuju ke arah Solo tidak bisa masuk kota sebab dipasang portal dan rambu pengalihan. Pengalihan itu membuat warga sempat repot, terutama yang tujuannya ke kota kecamatan. Sebab harus berbelok ke kiri dan sampai di simpang empat Gayam berbelok ke kanan masuk kota lagi.

Bagi warga yang hendak ke Solo atau arah Boyolali tidak masalah sebab bisa melalui jalan lingkar dan keluar di simpang tiga depan Dutayasa masuk lagi ke Jl Yogya-Solo. Akibat penutupan satu ruas itu, sebagian warga pada Jumat padi ada yang nekat. Meski diportal tetap menerobos.

Bagi kendaraan roda dua tidak masalah tetapi kendaraan roda empat terpaksa kecele dan berbalik arah sebab di simpang empat Pasar Delanggu juga ditutup. Penutupan itu dilakukan karena ada pekerjaan penggalian saluran air oleh petugas Bina Marga dan pengerukan selokan di depan kantor kecamatan. Padahal jalur itu setiap hari padat kendaraan dari dua arah.

Arah Solo

Selain arus dari selatan, kata Doni, kendaraan dari arah Solo yang akan ke Yogyakarta terpaksa dialihkan ke lajur dari Yogyakarta dengan contraflow. Kendaraan baru bisa masuk lagi ke lajur arah Solo di depan pasar atau celah median lain. ” Di jalan ada alat berat ekskavator yang mengeruk selokan,” kata Waluyo, warga Kota Delanggu.

Menurutnya dampak pekerjaan jalan itu arus dari arah Solo sedikit tersendat sebab jalan menyempit karena ada pekerjaan jalan. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.4 Provinsi Jawa Tengah, Tisara Sita mengatakan pengalihan dilakukan sejak Kamis (25/7) pukul 22.00 WIB sampai Jumat.

” Ada penanganan saluran melintang dengan bok culvert,” ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Klaten AKP Bobby Anugrah Rahman mewakili Kapolres AKBP Aries Andhi mengatakan di Kota Delanggu sempat dilakukan rekayasa arus sebab ada kegiatan perbaikan jalan. Dari Yogya masuk Jl Lingkar dan dari Solo dikontra flow. (Achmad H)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here