Lions Club Bantu 100 Tangki Air Bersih ke Warga Korban Kekeringan

lions-club-bantu-air-bersih-klaten
AIR BERSIH : Presiden Lions Club Yogyakarta Manggala Mataram Eko Setyo AW menyerahkan bantuan 100 tangki air dan alat tulis di Dukuh Petung, Sidorejo, Kemalang, Klaten, Kamis (25/7).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

 


*Harga Air di Dukuh Petung Capai Rp 250.000/Tangki

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Tiga bulan terakhir, warga Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten dilanda kekeringan. Tak heran bila mereka menyambut gembira kedatangan bantuan 100 tangki air bersih dari Lions Club Yogyakarta Manggala Mataram Yogyakarta dan Lions Club Seruni Host Klaten.

‘’Sudah 3 bulan tak turun hujan, warga kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Untuk mencukupi kebutuhan air untuk rumah tangga dan minum ternak, kadang mereka terpaksa membeli dari mobil tangki swasta,’’ kata Sekdes Sidorejo, Sri Widakdo.

Hal itu diungkapkan pada penyerahan bantuan air bersih untuk warga Dukuh Petung, Desa Sidorejo yang beranggota 88 KK. Bagi warga kurang mampu, bantuan itu begitu berarti karena harga air di dukuh paling dekat dengan puncak Merapi itu mencapai Rp 250.000 per tangki isi 5000 liter. Warga tak antusias menyambut datangnya bantuan.
Mereka datang dengan membawa gerijen, embel atau penampung air lainnya agar bisa disimpan untuk persediaan memasak dan memberi minum ternak sapi. Sebagian besar warga memelihara sapi yang butuh banyak air untuk minum.

Menurut Sri Widakdo, bantuan 100 tangki dari Lions Club akan dibagi untuk dukuh-dukuh yang paling membutuhkan di Sidorejo. Selain bantuan air, Lions Club juga menyerahkan bantuan 100 paket buku dan alat tulis untuk anak-anak Dukuh Petung.
‘’Lions Club Yogyakarta Manggala Mataram bersama Lions Club Seruni Host Klaten memberikan bantuan 100 tangki air bersih untuk warga Sidorejo, Kemalang. Ini kegiatan bakti sosial ketiga yang kami lakukan di Kemalang,’’ kata Presiden Lions Club Manggala Mataram, Eko Setyo Ali Wahyono.

Harga air mahal

Sebelumnya, mereka juga pernah menggelar bakti sosial bantuan air bersih, sedangkan kegiatan kedua berupa penanaman 1000 pohon. Tahun ini, Lions Club kembali melakukan droping air karena menyesuaikan dengan kondisi warga, mengingat kawasan itu sedang dilanda kekeringan dalam beberapa bulan terakhir.
‘’Ini adalah kegiatan rutin Lions Club Yogyakarta Manggala Mataram yang berkaitan dengan program environment. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban warga Sidorejo yang sedang terdampak kemarau panjang,’’ ujar Eko Setyo AW.

Lions Club aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, lingkungan dan kesehatan. Ada lima program yang harus dilaksanakan setiap tahunnya. Selain program environment, juga ada program diabetes, program vision dengan periksa mata gratis dan pembagian kacamata bagi siswa kurang mampu, relieving the hungger dan program kanker anak/pediatric.

‘’Dukuh Petung dipilih sebagai lokasi penyerahan bantuan karena lokasinya paling dekat dengan puncak Merapi, sehingga harga air di Petung paling tinggi. Ini tentu berat bagi warga kurang mampu,’’ ujar Eko Setyo AW. Dalam kesempatan itu, Sri Widakdo juga menyampaikan bahwa akan ada program Pansimas untuk menyalurkan air bagi warga desanya.

Namun saat ini, masih ada kekurangan sekitar 1 km jaringan pipa distribusi. Dia berharap, Lions Club bisa membantu membangun jaringan pipa distribusi.
‘’Kami terus berusaha mengatasi kekeringan lewat program Pansimas agar warga bisa memenuhi kebutuhan air di musim kemarau.
Selama ini, mereka mengadalkan air hujan yang ditampung dalam tandon. Saat ini, semua tandon sudah kering,’’ ujar Sri Widakdo.(Merawati Sunantri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here