Server Dinas Dukcapil Diserang Virus, Data Kependudukan Lenyap

server-disdukcapil-klaten-diserang-virus
KANTOR DINAS: Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten lebih sepi dari hari biasa. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Pelayanan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten tersendat. Tersendatnya pelayanan disebabkan server jaringan komputer diserang virus.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten, Sri Hartanto menjelaskan serangan virus itu sudah terdeteksi sejak tanggal 21 Juli lalu.

” Terkena virus dan data kami ada yang hilang,” ungkapnya, Jumat (26/7).

Menurutnya serangan virus itu menyebabkan pelayanan tidak bisa dilakukan sebab sebagian data hilang atau kemungkinan hanya disembunyikan. Dinas terus berupaya memulihkan dengan melakukan perbaikan. Khusus untuk data yang hilang tim dari Dinas sudah ke Jakarta meminta backupan data dari Kemendagri sehingga untuk data tidak masalah.

Perbaikan terus diupayakan sehingga diharapkan pekan depan sudah bisa berjalan normal melayani masyarakat. Dampak dari serangan virus itu membuat beberapa jenis pelayanan di Dinas tertunda.

Yang tertunda itu antara lain pembuatan akta kelahiran sebanyak 361 ajuan, pembuatan akta kematian sebanyak 92 ajuan, ajuan pindah KK sebanyak 129, kartu KK datang sebanyak 123 ajuan, perbaruan KK sebanyak 681 ajuan, pembuatan surat keterangan perekaman sebanyak 234 lembar, dan surat keterangan perpanjangan sebanyak 298 lembar.

Diimbau Bersabar

Dinas, sambung Hartanto, sudah meminta masyarakat yang mengajukan itu untuk datang setelah server pulih. Sebab jika diterima dikhawatirkan malah hilang akan lebih repot. Masyarakat diminta bersabar menunggu perbaikan server dan pemulihan data.

Dinas terus berupaya baik dengan upaya di Dinas maupun ke Dirjen Dukcapil Kemendagri. Selama ini server telah diupayakan dilindungi tetapi tidak menduga masih ada jenis virus yang masuk.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten, Widya Sutrisna saat dihubungi masih berada di Jakarta. Tersendatnya layanan itu membuat warga pemohon kecele. Sebab saat datang diminta menunggu pemberitahuan lanjutan setelah gangguan bisa diatasi.

Yoyok, salah seorang warga mengatakan tersendatnya pelayanan cetak dokumen sudah hampir sepekan. Warga yang datang hanya diminta menunggu perbaikan selesai. Namun sampai kapan selesai tidak dijelaskan. Sebab alasannya teknis, warga tidak bisa berbuat banyak dan hanya berharap semya segera selesai sehingga layanan berjalan kembali. ” (Achmad H)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here