Uniba Menuju The World Class Islamic Entrepreneurial University

dies-natalis-uniba-solo
ORASI ILMIAH: Guru besar UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta yang juga pengusaha sukses Prof Dr H Musa Asy’arie menyampaikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis Uniba ke 36.(suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)
SOLO suaramerdekasolo.com— Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta tengah berkonsentrasi untuk membangun jejaring dengan perguruan tinggi di level Asia dan internasional.
Rektor Uniba Dr Pramono Hadi SP MSi menyatakan, hal itu berkait cita-cita menjadi the world class Islamic Entrepreneurial university. 
 
“Sesuai dengan tujuan Uniba yang tercantum dalam Renstra Uniba 2013 – 2032, Uniba akan menjadi The World Class Islamic Entrepreneurial University
melalui penelitian dan pengembangan ilmu dan jejaring dapat berperan dalam penciptaan nilai tambah. Peran ini sebagai kunci lompatan ekonomi yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ” kata Rektor Pramono Hadi, saat membacakan laporanny dalam puncak kegiatan Dies Natalis ke 36 Uniba, di kampus setempat, Jumat (26/7).
 
Rektor mengatakan, peluang penelitian, inovasi dan jaringan yang dimiliki Uniba sangat besar, terutama di bidang pangan dan pertanian, energi, kesehatan dan infrastruktur. Megatren studies tersebut menurutnya sangat berkaitan erat dan saling memengaruhi.
Rektor mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapi saat ini cukup rumit dan menantang. Oleh sebab itu, institusi harus mempersiapkan dan menyediakan sumberdaya yang mumpuni untuk dapat menciptakan kurikulum dan teknologi yang mutakhir guna menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Rektor  menambahkan, Uniba memiliki beberapa PR. Yang pertama adalah persiapan sistem pembelajaran yang lebih inovatif di perguruan tinggi.
PR kedua, yaitu mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi entrepreneur yang cakap dalam menggunakan teknologi.
Dengan demikian diharapkan Uniba menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang kompetitif dan terampil
Sementara itu guru besar UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta yang juga pengusaha sukses
Prof Dr H Musa Asy’arie dalam orasi ilmiahnya  menyampaikan bahwa pilihan seseorang menjadi entrepreneur adalah pilihan untuk memberi makna pada kehidupannya sendiri. Motivasi menjadi seorang entrepreneur seharusnya bukan didorong oleh nilai-nilai materialisme. 
Pada kesempatan itu,  Prof Musa juga berpesan agar Uniba sebagai Entrepreneur University harus bisa mendorong kemajuan dunia perbatikan di Indonesia, baik dari segi konsep kreativitas dan desain, memperbanyak sumberdaya manusia batik yang handal, kegiatan penelitian dan pengembangan serta membangun industri batik di dalamnya. 
Hal tersebut menurutnya bukan tanpa alasan. Sebab Uniba adalah lembaga pendidikan yang sangat lekat dengan identitas batik. Selain itu misi khusus yang diemban oleh PTS tersebut adalah menyampaikan misi-misi kewirausahaan yang dimanifestasikan dalam bentuk entrepreneurial university. (Evie Kusnindya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here