Bacakan Buku untuk Anak, Tumbuhkan Budaya Literasi Sejak Usai Dini

budaya-literasi-anak
BUDAYA LITERASI : Peserta didik PAUD Bocah Pintar dan orang tuanya menyimak buku yang dibacakan perwakilan orang tua, di kegiatan Gernas Baku di PAUD yang berlokasi di Dusun Pundak, Desa Jati, Kecamatan Jaten, Sabtu (27/7). (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR,  suaramerdekasolo.com. Satuan PAUD se-Indonesia, termasuk di Karanganyar, Sabtu (27/7) lalu serentak menggelar Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku). 
Pun demikian di Preschool and Daycare Bocah Pintar. Di Satuan PAUD yang berlokasi di Dusun Pundak, Desa Jati, Kecamatan Jaten, puluhan peserta didik ramai-ramai menyimak buku bacaan yang dibacakan orang tuanya masing-masing.

 Ya, di hari itu, orang tua peserta didik ikut datang ke PAUD, lalu bersama-sama membacakan buku untuk anaknya. Selain itu, juga ada perwakilan orang tua, yang membacakan buku untuk semua yang hadir. 

Dini Winaryani, orang tua dari Ardra Lintang yang ditunjuk mewakili orang tua peserta didik, membacakan buku cerita berjudul “Buku Harian Baja”. Buku yang menceritakan kisah petualangan anak badak Jawa bernama Baja, saat mengarungi hutan belantara dan bertemu dengan beragam jenis anak hewan yang kemudian menjadi temannya bermain. 

Selain membaca bersama, di kegiatan tersebut juga diadakan sedekah buku. Peserta didik diminta menyumbangkan buku bacaan, untuk nantinya digunakan dalam kegiatan belajar di PAUD bersangkutan. 

Pengelola Preschool and Daycare Bocah Pintar Nining Sholikhah menjelaskan, kegiatan Gernas Baku di PAUD bertujuan memberi ruang kepada orang tua dan anak untuk berinteraksi dengan membaca buku
“Selain itu juga untuk mengajak anak-anak menyintai buku dan memotivasi orang tua untuk lebih sering membacakan buku pada anak-anaknya. Ini bagian dari upaya membangkitkan semangat literasi,” katanya. 

Diharapkan, dari kegiatan tersebut, ada pengalaman menyenangkan dari orang tua dan anak, hingga ke depannya lebih meningkatkan budaya membaca di lingkungan keluarga. 

Belajar membaca 

Nining menambahkan, di PAUD Bocah Pintar, anak-anak sudah diajak untuk akrab dengan buku sejak usia dini. 
“Setiap Kamis, ada materi reading atau belajar membaca. Bukan membaca secara harfiah, namun anak-anak diajak mengenal, mengakrabi dan menyintai buku,” tuturnya. 

Dia berharap, pascakegiatan Gernas Baku, semangat orang tua untuk membacakan buku bagi anak-anaknya di rumah tidak mengendur. “Kami berharap, spirit tetap terjaga. Sehingga kebiasaan membaca pada anak-anak dan orang tua tetap terpelihara,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here