Empat Nama Pimpinan DPRD Surakarta 2019-2024 Mengerucut

pimpinan-dprd-surakarta
PERPISAHAN : Pimpinan DPRD periode 2014-2019 duduk bersama di ruang Banggar DPRD Kota Surakarta dalam acara perpisahan dengan pelaku wisata-perhotelan dan awak medai belum lama ini.(suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.comPartai-partai yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Surakarta Jateng sudah mempersiapkan diri menyambut proses pergantian pimpinan DPRD (pimwan).
Bila PDI Perjuangan pemilik 30 kursi di parlemen menunggu keputusan resmi dari partai terkait soal nama pimpinan legislatif. Namun dari berbagai sumber menyebutkan nama petahana Teguh Prakosa masih kuat melanjutkan tongkat pimpinan. Meskipun ada nama Budi Prasetyo di belakang Teguh yang siap memimpin DPRD Surakarta.

Partai kedua pemenang pemilu dan pemilik suara terbanyak sudah dipastikan milik PKS (5 kursi) .Ada satu nama yang muncul adalah Sugeng Riyanto yang saat ini menduduki posisi sekretaris komisi III.

Selanjutnya, PAN pemenang ketiga sudah mengusulkan nama Achmad Sapari duduk di kursi pimwan. Dan satu kursi tersisa diperkirakan milik Gerindra.
Ketua PAC PDI Perjuangan Jebres Honda Hendarto mengungkapkan, posisi pimpinan adalah hal vital. Pihak yang menentukan pastinya pimpinan partai.
“Pastinya PDI Perjuangan Solo sudah menentukan nama-nama nanti tinggal pimpinan yang menentukan,” katanya.

Sementara Ketua DPD PKS Ghofar Ismail mengungkapkan, satu nama sudah dikirim ke DPW terkait siapa yang menduduki pimwan. “Apakah Pak Sugeng (Sugeng Riyanto-red) yang dipilih, ini menunggu keputusan DPW (PKS-red),” terangnya.


Pimwan sementara

Adapun Ketua DPD PAN Surakarta Achmad Sapari mengungkapkan satu sudah diputuskan DPD PAN untuk diusulkan sebagai pimwan
“Satu nama itu Achmad Sapari, dan nama itu sudah diusulkan ke DPW,” katanya.

Sementara itu Sekretariat DPRD Surakarta Tri Puguh Priyadi mengatakan, pihaknya berencana mengirimkan surat kepada dua partai pemenang pemilu agar menentukan nama pimpinan dewan sementara.
“Dua pimpinan dewan sementara inilah yang nantinya menjalankan lembaga legislatif. Mereka nanti memutuskan pimpinan dewan definitif dan tatib DPRD,” kata Puguh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here