NU Diandalkan Menjaga Keutuhan NKRI

konfercab-nu-wonogiri
KONFERCAB NU : Para peserta mengikuti Konfercab NU Kabupaten Wonogiri di SMP Nawa Kartika dan Pondok Pesantren Mambaul Hikmah, Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Minggu (28/7). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi keagamaan terbesar di Indonesia diandalkan untuk menjaga keutuhan NKRI. Mereka juga diharapkan mampu menjawab tantangan perkembangan zaman dan globalisasi.
 
Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo mengatakan, globalisasi dan perkembangan zaman menjadi tantangan di era digital ini. Dia mencontohkan, seseorang yang hanya menyimak pengajian melalui internet terkadang sudah merasa seperti ulama. “Baru menyimak pengajian digital sudah seperti ulama. Padahal tanpa suatu kajian dan proses pembelajaran yang mendalam,” katanya saat membuka Konferensi Cabang (Konfercab) NU Kabupaten Wonogiri SMP Nawa Kartika dan Pondok Pesantren Mambaul Hikmah, Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Minggu (28/7). 
 
Dia meyakini, NU yang didirikan oleh KH Hasyim Asy’ari akan mampu mewujudkan cita-cita bangsa. Oleh karena itu, perlu adanya hubungan dan komitmen dengan pemerintah yang secara konstitusional juga mempunyai kewajiban untuk menjaga NKRI.
 
NU juga harus melayani warganya. Misalnya apabila ada warga yang membutuhkan namun belum terlindungi pelayanan kesehatannya melalui BPJS, Bupati meminta agar mendata dan melaporkan kepada Pemkab. “Tangan kami terbatas, maka dibutuhkan kebersamaan kebersamaan agar menjadi suatu <I>ghirah<P> supaya rakyat terbantu,” katanya. 
 
Dia berpesan tidak perlu adanya kegaduhan dan hiruk pikuk. Pengurus Cabang NU (PCNU) masa khidmat 2019-2024 mendatang diharapkan mempunyai komitmen kebangsaan luar biasa dan menjadi kader yang punya nilai juang menjaga keutuhan NKRI. “Masih banyak yang harus diselesaikan dengan komitmen kebangsaan yang memerlukan semangat kebersamaan dan kekeluargaan,” pesannya. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here