Pengunjung CFD Solo Disosialisasi Pencegahan Pungli

sosialisasi-saber-pungli-polisi-car-free-day-solo
SOSIALISASI: Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menghadiri sosialisasi saber Pungli di CFD Solo, Minggu (28/7). (Ari Purnomo APL)

SOLO,suramerdekasolo.com – Satgas Saber Pungli Kota Solo terus menggencarkan upaya pencegahan terjadinya pungutan liar (Pungli) di Kota Solo. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat yang tengah berkunjung ke Solo Car Free Day (CFD), Minggu (28/7). 

Sosialisasi pencegahan pungli ini juga dihadiri oleh Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Kapolda turut didampingi oleh Pangdam IV Diponegoro, Mayjend TNI Mochammad Effendi. Pada kesempatan itu, Kapolda menyampaikan pihaknya terus melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya pungli. 

Baik secara eksternal maupun di internal sendiri. “Kami terus melakukan sosialisasi kepada anggota kami. Dan kami akan melakukan tindakan tegas kepada anggota kami yang mencoba melakukan pungli. Kami tegas untuk itu,” katanya saat ditemui di CFD Solo, Minggu (28/7). 

Kapolda berharap dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan ini, ke depan tidak akan ada pungli lagi. Baik di masyarakat maupun di internal Polri itu sendiri. “Ke depan agar tidak ada pungli lagi,” ungkapnya. 

Cegah pungli

Pada kesempatan yang sama, Pokja Pencegahan Saber Pungli, Kompol Harmono menyampaikan, pencegahan pungli ini terus dilakukan di berbagai sektor. Mulai dari internal, lembaga pendidikan, ASN, bahkan sampai dengan parkir. 

Hal ini dilakukan agar perilaku pungli tidak terjadi lagi di berbagai sektor. “Kami juga melakukan sosialisasi di sekolahan di pemerintahan bahkan kami juga mensosialisasikan pencegahan pungli di sektor parkir,” katanya. 

Menurutnya, sektor parkir ini juga memberikan peluang adanya pungli. Seperti pembayaran tarif parkir yang tidak sesuai dengan tarif atau karcis parkir. “Misalkan tarif parkir yang seharusnya Rp 2000 tetapi diminta Rp 10 ribu dan sebagainya. Kami juga meminta kepada masyarakat agar ikut melaporkan kalau menemukan ada pungli di sekitarnya. Jangan takut melaporkan kalau ada pungli,” ucapnya. (Ari Purnomo Apl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here