Ajang Bursa Pertukaran Potensi Desa, Pelaku UMKM Didorong Berkreasi

Bursa-Pertukaran-inovasi-Desa
PRODUK MAKANAN: Sejumlah warga membeli produk makanan ringan dalam Bursa Pertukaran Inovasi Desa di Kecamatan Musuk, Boyolali. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdjekasolo.com – Masyarakat di desa- desa di wilayah Musuk didorong agar untuk berkreasi. Mereka diminta untuk membuka usaha produktif dengan memanfaatkan potensi setempat.

“Selain mendapatkan tambahan pendapatan, juga bisa membuka lapangan kerja bagi diri dan lingkungan sekitar,” ujar Noko Ali, panitia Bursa Pertukaran Inovasi Desa di Kecamatan Musuk, Senin (29/7).

Untuk itulah, melalui kegiatan tersebut, masyarakat semakin tergugah untuk berinovasi membuka usaha. Bursa tersebut juga sebagai upaya pengenalan usaha kepada masyarakat sehingga semakin dikenal masyarakat.

Dijelaskan, ada program utama dan program inovatif dalam kegiatan tersebut. Dimana 20 desa Kecamatan Musuk dan Tamansari ramai- ramai ikut dalam kegiatan tersebut dengan memamerkan program unggulan yang dimiliki.

“Seperti pengolahan bunga mawar dari Desa Kembangsari dan biogas Desa Sruni.”

Tanggapan positif

Kegiatan Bursa Pertukaran Inovasi Desa, lanjut dia, juga dimaksudkan untuk menguatkan komitmen 20 pemerintah desa di Kecamatan Musuk dan Kecamatan Tamansari. “Kebetulan sejumlah desa memiliki kepala desa baru sehingga perlu ada komitmen tersebut. Yaitu dengan penyediaan anggaran guna memperkuat UMKM dan inovasi desa masing- masing.”

Kegiatan tersebut mendapat tanggapan positif sejumlah pelaku UMKM. Seperti dikemukakan Tarwiji (34) pelaku UMKM yang membuat kerajinan kap lampu. Pihaknya berharap upaya penguatan UMKM tak berhenti sebatas pameran saja.

“Ya, harus berkelanjutan, termasuk bantuan modal usaha dari anggaran desa.”

Kegiatan Bursa Pertukaran Inovasi Desa di Kecamatan Musuk tersebut mendapat perhatian dari masyarakat luas. Mereka berbondong- bondong melihat pameran UMKM yang digelar. Kegiatan juga diisi dengan acara minum susu segar bersama. (Joko Murdowo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here