Dilantik 14 Agustus, 45 Dewan Hanya Dibekali Satu Jas

sekretaris-dprd-solo-Tri-Puguh
SAMBUTAN : Sekretaris DPRD Surakarta Tri Puguh memberikan sambutan dalam sebua acara di gedung DPRD Solo. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Efisiensi anggaran benar-benar diterapkan Sekretariatan DPRD Surakarta. Pada pelaksanaan pelantikan anggota DPRD Surakarta periode 2019-2024 pertengahan Agustus 2019. Para wakil rakyat yang baru dibekali satu jas, baik calon legislatif terpilih laki-laki maupun perempuan. Jumlah jas yang disediakan pun sama dengan jumlah anggota dewan yang dilantik.

“Jadi nanti itu satu calon DPRD terpilih akan diberikan satu jas saja. Bagi anggota DPRD perempuan yang berkebaya, kami tidak menyediakan kebaya. Mereka beli sendiri-sendiri atau pengadaan sendiri, ” terang Sekwan Kota Surakarta, Tri Puguh Priyadi, belum lama ini

Meski dari data yang ada saat ini, jumlah calon DPRD terpilih yang masih baru (fresh) sekitar 16 orang, dan 29 lainnya adalah muka-muka lama. Setwan tetap akan melakukan pengadaan jas yang baru yakni sebanyak 45 ini.

Jas-jas yang diberikan kepada para wakil rakyat ini akan dipakai pada saat pelantikan 14 Agustus mendatang.

“Jadi memang menunggu dulu penetapan KPU, kemungkinan setelah itu baru rencana pengukuran jas,” imbuh Puguh.

Dikatakan, bagi anggota DPRD yang sudah purna alias tidak terpilih lagi. Mereka akan mendapatkan tali asih berupa jasa pengabdian yang dianggarkan dari APBD. Nilai nominal yang diterima oleh para anggota dewan yang purna ini adalah beberapa kali dari gaji yang diterima saat menjabat.

Sementara itu, Sekretaris Komisi II DPRD Supriyanto mengungkapkan, tunjang pengabdian bagi anggota dewan yang sudah purnah memang diamanahkan oleh peraturan daerah. Terkait jas bagi anggota dewan yang baru juga menjadi amanah peraturan yang ada.
“Yang tidak boleh itu adalah kenangan-kenangan atau bentuk yang lain,” imbuh politis Demokrat yang angkat koper pada periode legislasi mendatang.(Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here