Honor Pengawas Terbanyak Kuras Angaran Bawaslu Solo

bawaslu-surakarta-caleg-wawanto
KETERANGAN PERS : Komisioner Bawaslu Kota Surakarta menggelar jumpa pers terkait hasil putusan Bawaslu RI tentang tidak dikabulaknnya permohonan koreksi KPU Surakarta terkait input form C1 ke DAA1 Caleg PDIP Wawanto. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)


*Pengajuan Anggaran Sambut Pilkada Solo 2020

SOLO,suaramerdekasolo.comBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surakarta bersiap menyongsong pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah Kota Solo (Pilkada Solo 2020). Persiapan yang sudah dilaksanakan dan tinggal menunggu pengesahan DPRD Surakarta adalah pengajuan anggaran pengawasan pemilu daerah Solo 2020.

Ketua Bawaslu Solo Budi Wahyono mengatakan, lembaganya membutuhkan anggaran senilai Rp 12 miliar menyambut pelaksanaan pilkada Solo 2020. Nilai anggaran itu sudah diajukan ke TAPD Pemkot Surakarta untuk disetujui DPRD Surakarta.

Budi menjelaskan, sesuai draft rancangan anggaran pilkada 2020, item anggaran diusulkan sesuai dengan standarisasi satuan harga (SSH) yang baru. Semoga bisa disesuaikan bersama SSH sekarang.

“Sebab SSH yang dipakai saat ini merupakan yang lama, 2010, sehingga tidak sesuai dengan RAPB 2020,” kepada suaramerdekasolo.com.

Budi mengatakan, berdasarkan SHH yang baru itu, nilai anggaran yang diusulan Bawaslu Kota Surakarta menyongsong Pilkada 2020 mencapai Rp 12 miliar. Budi membeberkan, pengeluar terbesar yang menguras anggaran di badan pengawas ini adalah honor TPS dan opersional pokja.

Cost paling banyak masuk pada wilayah honor pengaws TPS. Sebab ada sekitar 1.500 orang yang dikerahkan untuk mengawasi pelaksanaan pilkada nanti. Pokja mengacu arahan Bawaslu RI, jumlah pokja dan besaran anggaran disesuaikan dengan daerah lainnya,” katanya.

Sosialisasi pengawasan pilkada, juga menyedot anggaran paling besar. Sosialisasi ini amat penting dengan harapan Pilkada Solo 2020 berlangsung jurdil, sebab masyarakat bisa menjadi pengawas dan peninjau. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here