Balap Sepeda Incar Tiga Besar di Tegal

Balap-Sepeda-Incar-Tiga-Besar-di-Tegal
ACU SEPEDA: Pembalap Solo Andriyan Hidayat (tengah) bersama dua pembalap lain memacu sepedanya dalam latihan di velodrome Manahan, beberapa waktu lalu. (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

 

*Kejuaraan IRR dan Kriterium

SOLO,suaramerdekasolo.com  – Para pembalap Solo mengincar peringkat tiga besar pada kejuaraan balap sepeda di Tegal, Sabtu-Minggu (3-4/7) mendatang. Mereka berusaha mewujudkan bidikan tersebut pada ajang adu kebut bertajuk ‘’Tegal IRR & Criterium’’ itu.

‘’Kejuaraan itu memang hanya menggelar nomor individual road race (IRR) dan kriterium. Road race diselenggarakan Sabtu dari Tegal-Dahuwan, sementara kriterium dilakukan di alun-alun Kota Tegal, Minggu,’’ kata pelatih tim balap sepeda Solo, Agus Sadiyanto, Rabu (31/7).

Tiga pembalap disiapkan untuk bersaing di Tegal. Mereka adalah Andriyan Hidayat, Shindu Ardiyanto dan Annisa Destein Cindy Qiawati. Andriyan diplot untuk bersaing pada kategori senior, sementara Shindu dan Cindy bakal bersaing di kelompok yunior.

‘’Kami akan turunkan mereka semua untuk memburu posisi tiga besar pada kedua nomor yang dilombakan,’’ ujar Agus, yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Solo tersebut.

Jalur Tanjakan

Informasi yang dia peroleh, rute IRR bakal melewati jalan raya dengan jalur-jalur tanjakan, terutama di penghujung rute lomba. Menurut dia, pada jarak sekitar dua kilometer menjelang finish di rute tersebut, bahkan terdapat tanjakan gradien hingga mencapai 22 persen.

Guna mengantisipasi terjalnya jalur itu, dia kemudian mengasah pembalap-pembalap yang akan diturunkan untuk melahap porsi rute tanjakan di lereng Gunung Lawu. ‘’Kami tempa anak-anak hingga kawasan Gondosuli, daerah atas kawasan wisata Tawangmangu. Harapannya, benar-benar siap bertarung di Tegal nanti,’’ tutur Agus.

Shindu dan Cindy digembleng pada latihan itu bersama para pembalap Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Balap Sepeda Jateng yang bermarkas di kawasan Punggawan, Solo. Sementara Andriyan ‘’Dayat’’ Hidayat, sejak beberapa hari sebelumnya telah berada di Tegal untuk berlatih sekaligus mencoba rute.

‘’Saya tekankan pada anak-anak untuk bersiap diri secara sunguh-sungguh dan berkonsentrasi penuh saat bersaing. Mudah-mudahan mereka mampu merebut medali nanti,’’ tambah Ketua Harian Pengkot ISSI Surakarta, Supardi.(Setyo Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here