Dikonsep Pasar Wisata, Bangunan Kios Pasar Kemuning Direnovasi

0
renovasi-pasar-kemuning-karanganyar
RENOVASI : Bangunan kios Pasar Kemuning mulai dibongkar bagian atapnya, untuk keperluan renovasi yang akan segera dilakukan. (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR,  suaramerdekasolo.comBangunan kios Pasar Kemuning bakal direnovasi, dalam proyek penataan pasar tradisional tersebut, tahun ini. Anggaran sebesar Rp 1,4 miliar disiapkan Pemkab Karanganyar untuk keperluan renovasi tersebut. Selain merenovasi bangunan kios, juga dilakukan penataan di bagian depan. Salah satunya dengan membongkar pagar, sehingga nantinya akses masuk ke pasar lebih leluasa tanpa pagar. 

Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM (Disdagnakerkop UKM) Waluyo Dwi Basuki mengatakan, pembongkaran sudah mulai dilakukan, untuk keperluan pembangunan. 

“Untuk bangunan kios, bagian atap diperbaiki total. Sebab sudah tidak layak. Untuk tembok, ada beberapa yang dibongkar, untuk diperbaiki. Pagar di depan pasar juga nantinya dibongkar,” katanya. 

Dikatakannya, renovasi memang belum bisa dilakukan menyeluruh. Sebab, anggaran yang tersedia terbatas. “Untuk bangunan los dan bagian dalam pasar, belum tersentuh. Nanti bertahap. Ini kiosnya dulu yang diperbaiki. Ada 32 kios yang direnovasi,” tuturnya. 

Perbaikan kios mendesak, karena berkaitan dengan tampilan pasar. Pasalnya, Pasar Kemuning ke depan dikonsep sebagai pasar wisata, sehingga tampilannya harus menarik, sehingga wisatawan tertarik berkunjung. 
“Pembongkaran pagar itu juga bagian dari konsep pasar wisata. Jadi nanti dibuat trap-trapan, tidak ada pagar, sehingga lebih leluasa bagi wisatawan untuk masuk,” imbuhnya. 
Selama proses pembangunan berlangsung, pedagang akan menempati pasar darurat di kompleks Terminal Ngargoyoso. (Irfan Salafudin) 

 
 

Tinggalkan Pesan