Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Solo Teruskan Survei Pilkada 2020

0
44
unisrii-solo
Kampus Unisri Solo

 

SOLO,suaramerdekasolo.com – Sukses merilis hasil riset perdana Kebijakan Publik tentang Kepemimpinan Solo 2020-2025, Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta bakal terus membuat survei-survei sejenis mendatang.

Permohonan izin itu disampaikan langsung Ketua Penelitian sekaligus Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Dr Suwardi kepada Rektor Unisri Prof Dr Ir Sutardi MAPP SC.

“Kami berharap Pak Rektor (Rektor Prof Dr Ir Sutardi MAPP SC- red) berkenan memberikan izin kami menggelar survei serupa. Karena survei ini sebagai bagian dan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi, utamanya kontribusi Unisri kepada warga Solo. Sebab Unisri hadir di tengah-tengah Kota Solo, mohon juga pendanaanya,” ucap Suwardi, Kamis (1/8).

Seperti diketahui survei calon pemimpin Kota Solo mendatang periode 2020-2025 telah memberikan warna tersendiri terhadap persiapan suksesi kepala daerah di Kota Solo.
Survei yang digelar selama sebulan itu dan dirilis ke publik 25 Juli 2019 menjadi perhatian nasional. Setelah muncul nama-nama beken seperti Gibran Rakabuming, Kaesang Pengarep, dua putra Presiden Joko Widodo yang kemudian menjadi perbincangan publik dan sorotan media massa dan elektronik.

Nama Wakil Wali Kota Solo saat ini Achmad Purnomo, Ketua DPRD Solo Teguh Prakosa, mantan rektor UNS Ravik Karsidi, sejumlah nama pengusaha, tokoh agama dan ulama di Kota Solo juga ikut muncul hingga menghangatkan panggung politik Kota Bengawan.

Suwardi mengungkapkan, survei yang dilakukannya ini telah melalui komitmen telaah ilmiah, kajian ilmiah dan prosedur lainnya. Lewat kajian ilmiah, harapan ke depan, hasil survei ini secara luas bisa dilihat dalam kajian publik. Ke depan menjadi pemimpin berkelanjutan. Sebab riset ini tak terbatas waktunya, berkelanjutan karena kaitanya dengan kebijakan publik yang juga berkelanjutan.

Suwardi sedikit menambahkan, pada 2020 merupakan ancang-ancang atau persiapan take off menuju Indonesia emas.
“Di Solo pada 2020 ada gelaran pergantian Wali Kota Wakil Wali Kota sehingga suksesi sangat penting bagi Solo, dan Indonesia mendatang.” (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here