Pemkot Surakarta Tata Ulang Selter Manahan Menjadi Bertingkat

0
24
shelter-manahan-solo
SEHLTER MANAHAN : Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan melakukan penataan ulang selter Manahan yang ada di jalan KS Tubun dan Menteri Supeno. (suaramerdekasolo.com/Yoma Timews)
SOLO,suaramerdekasolo.com –  Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan melakukan penataan ulang selter Manahan yang ada di jalan KS Tubun dan Menteri Supeno. Rencananya, selter akan dibuat bertingkat dan pedagang berjualan di lantai atas. Sementara, bagian bawah akan digunakan untuk pejalan kaki. 
 
Hal itu seperti diungkapkan Wali Kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo disela meninjau proyek GOR Manahan, Jumat (2/8). Rudy menambahkan, penataan ulang ini dinilai akan jauh lebih bersih dan nyaman dibandingkan dengan selter yang ada saat ini. 
“Untuk selter yang ditata itu letter L saja, dari timur Polresta Surakarta sampai belakang Stadion Manahan. Pertimbangannya akan lebih bersih dan pengguna jalan juga akan lebih nyaman,” kata Rudy. 
 
Penataan ini akan dilakukan di tahun 2020 mendatang dengan menggunakan anggaran dari APBD. Tetapi, Rudy tidak merinci berapa besar kebutuhan anggaran untuk penataan selter tersebut. “2020 harus dianggarkan, studinya juga sudah ada dan nantinya tidak ada kotoran seperti sekarang,” tambahnya. 
 
Inisiatif penataan kembali selter Manahan ini menyusul dengan adanya pembangunan Stadion Manahan. Selain itu, ini merupakan hasil studi banding yang sebelumnya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) ke Bandung. 
 
“Ini hasil studi banding DPU kemarin ke Bandung dan kalau itu nanti diterapkan di Solo, selter akan menjadi bersih. Dengan adanya pedagang di lantai atas pembeli juga akan nyaman karena tidak terkena debu kendaraan yang melintas,” katanya. 
 
Disamping itu, lanjut Rudy, pejalan kaki juga akan mendapatkan tempat yang lebih nyaman. Karena trotoar akan bebas dari bangunan selter. “Kalau untuk parkir kendaraan tidak ada perubahan, masih sama seperti yang sekarang masih di pinggir jalan,” ucapnya. 
 
Menurut seorang pedagang, Sri (48) sebaiknya tidak perlu ada perubahan desain selter. Kondisi selter yang ada saat ini sudah cukup nyaman untuk ditempati. “Kalau boleh saya usul, sebaiknya dilakukan perbaikan saja. Tidak perlu sampai mengubah desain dan menjadikan selter di atas,” katanya. (Ari Purnomo Apl)
 
Editor : Sri Hartanto
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here